kedaiSTYLE

4 Tips Buat Aquarium Air Laut

KEDAINEWS.COM – Biaya membuat aquarium air laut memang lebih mahal daripada membuat aquarium air tawar konvensional, perawatannya pun lebih rumit.

Namun, aquarium air laut terlihat lebih cantik sehingga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu elemen desain interior.

Simak tujuh tips cara membuat aquarium air laut yang perlu kamu ketahui.

1. Tipe ekosistem.

Ekosistem fowlr (fish only with live rock) adalah ekosistem yang umum digunakan untuk membuat aquarium ikan laut. Pemilihan tipe ekosistem berpengaruh pada cara perawatan.

Adapun ekosistem lainnya yang bisa kamu pilih seperti ekosistem terumbung karang, ekosistem kuda laut, atau ekosistem terumbu karang air dingin.

2. Jenis air.

Air laut alami adalah yang paling baik digunakan untuk membuat aquarium air laut. Sebab, terkandung plankton di dalamnya yang berguna untuk ikan.

Ada juga air laut buatan yakni campuran air ledeng dan garam murni. Air laut buatan tidak dianjurkan karena dikhawatirkan mengandung senyawa yang tidak cocok untuk ikan laut hias.

Penting untuk diingat, air laut harus diganti secara berkala sekitar tiga hingga empat minggu sekali. Suhu normal air pada aquarium pun harus dijaga sekitar 28 derajat Celcius.

3. Ukuran aquarium.

Sesuaikan ukuran aquarium dengan ruangan. Untuk pemula, disarankan memilih ukuran aquarium yang sedang.

Tidak disarankan memilih nano aquarium karena lebih rumit perawatannya, kecuali untuk kamu yang sudah profesional.

Desain atau bentuk aquarium juga bermacam-macam. Ada kotak, bulat, hingga bentuk unik seperti sepatu atau wastafel.

Soal bentuk, juga harus kamu sesuaikan dengan ruang yang kamu miliki.

4. Jenis ikan.

Beberapa yang mudah dipelihara adalah ikan badut seperti ikan nemo, blue tang, yellow tang, angelfish, lionfish, dan butterflyfish.

Hati-hati, jumlah ikan yang kamu pelihara jangan terlalu banyak. Dikhawatirkan, air menjadi lebih cepat keruh dan aquarium kurang cantik.

Yuk Bagikan Artikel Ini :

BACA ARTIKEL LAINNYA