4 March 2024

Belajar Kegigihan Dari Ciputra

Memulai karier sebagai konsultan arsitek bangunan, Ciputra berhasil membangun kerajaan bisnisnya di dunia properti. Ia pun sempat dikenal sebagai raja properti karena karyanya ada di seluruh Indonesia. Sukses di dunia bangunan, selain sebagai filantropis, ia pun mengajarkan nilai-nilai entrepreneur lewat pendidikan.

Ciputra, pemilik nama Tjie Tjin Hoan, alias Pak Ci lahir lahir di Parigi, Sulewesi Tengah 24 Agustus 1931. Sejak kecil, ia merasakan kesulitan dan kepahitan dalam hidupnya saat ayahnya Tjie Siem Poe ditangkap oleh pasukan tak dikenal.

Ketika remaja ia bersekolah di SMP dan SMA Frater Don Bosco di Manado, Sulawesi Utara. Kemudian, dia berpindah ke Pulau Jawa, dan melanjutkan kuliah di Jurusan arsitek, Institute Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Jawa Barat.

 

Istimewa

Perjalanan bisnis Ciputra dirintis sekitar tahun 1957, sejak ia masih menjadi mahasiswa semester empat. Bersama tiga orang temannya, ia mendirikan usaha konsultan arsitek bangunan. Setelah mendapatkan gelar insinyur pada 1960, ia pindah ke Jakarta.

Setelah berpindah ke Jakarta, tongkat kesuksesan mulai terlihat. Dengan bendera PT. Perentjaja Djaja IPD, Proyek bergengsi yang disasar Ciputra adalah pembangunan pusat berbelanja di kawasan Senen, Jakarta Pusat.

Dengan berbagai cara, Ciputra berusaha menemui Gubernur DKI Jakarta, Dr.R Soemarno, untuk menawarkan proposalnya. Gayung pun bersambut, karier Ciputra semakin menanjak. Ia bekerja di Jaya Group sebagai direksi sampai usia 65 tahun selanjutnya sebagai penasihat.

Sewaktu masih menjabat sebagai direktur utama di Jaya Group, bersama Sudono Salim, Sudwikatmono, Budi Brasali, dan Ibrahim Risjad mendirikan Metropolitan Group pada tahun 1970 dan dalam waktu bersamaan Ciputra juga mendirikan group perusahaan keluarga, Ciputra Group.

 

Istimewa

Kemudian pada 1990, Ciputra Group diakuisisi seluruh sahamnya dan namanya diubah menjadi Ciputra Development (CD). Di sana, Ciputra menjadi dirutnya dan keenam jajaran direksi diisi oleh anak dan menantu Ciputra. Ciputra terus melebarkan sayap bisnisnya, pada tahun 2006 ia mendirikan sekolah dan Universitas Ciputra.

Kini, ayah empat anak itu terkenal sebagai seorang pengusaha properti yang sukses dengan memiliki Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group serta dikenal sebagai seorang filantropis dan berkiprah di bidang pendidikan. Nama Ciputra masuk orang terkaya versi majalah Forbes pada 2011 dan namanya juga menjadi nama hotel dan mal bisnisnya.

KELUARGA
Istri : Dian Sumeler
Anak : Rina Ciputra
Junita Ciputra
Cakra Ciputra
Candra Ciputra

PENDIDIKAN
SMP Frater Don Bosco, Manado
SMA Frater Don Bosco, Manado
Institut Teknologi Bandung

KARIER
Pendiri PT Daya Cipta
Direksi Jaya Group
Penasihat Jaya Group
Pendiri Metropolitan Group
Direktur Utama Jaya Group
Presiden Komisaris Metropolitan Group
Pendiri Ciputra Group
Pendiri Grup Pondok Indah, Grup Bumi Serpong Damai
Pendiri PT Metropolitan Development
Pendiri PT Pembangunan Jaya
Pendiri PT Daya Cipta (biro arsitek)

PENGHARGAAN
Lifetime Achievement Award versi majalah Globe Asia 2007
Lifetime Achievement Award versi Enterprise Asia
Enterpreneur Of The Year versi Ernst and Young Indonesia, 2007
World Enterpreneur Of The Year versi Global Ernst and Young Montecarlo, 2008
The 2nd Most Admired CEO in Indonesia versi Swa Leadership Award 2008
Penghargaan khusus dari Teo Ming Kian selaku Chairman MediaCorp, Induk Perusahaan Channel NewsAsia
Lifetime Achievement Luminary Award dari Channel NewsAsia Singapura, 2013

Banyak hal yang dapat kita pelajari dari kisah sukses Ir. Ciputra, antara lain:

  1. Jangan pernah menyerah dan mengasihani diri sendiri. Walaupun Pak Ciputra harus kehilangan Ayahnya diusia yang masih dini, Beliau tidak langsung menyerah. Beliau tetap memperjuangkan hidupnya.
  2. Berani memulai usaha segera. Mendirikan bisnis pada saat kuliah adalah hal yang harus diapresiasi, karena tidak semua mahasiswa berani menjalankan bisnis pada saat kuliah.
  3. Berpikir dan bertindak kreatif dan memanfatkan kesempatan yang ada.
Previous post Arie Untung Bagi Tips Usaha Kuliner
Next post Rekomendasi Tempat Wisata yang Menarik Dikunjungi Ketika Musim Hujan