21 September 2021

5 Cara Dongkrak Bisnis Online di Bulan Ramadan

Yuk Bagikan Artikel Ini

KEDAINEWS.COM – Anda perlu mengatur strategi untuk mendongkrak penjualan bisnis online di bulan Ramadan agar mampu bertahan. Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips.

1. Tetap terhubung dengan pelanggan.

Tahukah Anda, sebanyak 96% masyarakat Indonesia senang menggunakan Facebook selama bulan Ramadan dan 85% di antaranya menyukai WhatsApp. Hal ini bisa menjadi peluang untuk Anda yang ingin tetap berkomunikasi dengan baik kepada pelanggan.

Penting diingat, di saat-saat seperti ini, pelanggan juga ingin mendapatkan kabar terbaru dari Anda. Untuk itu, manfaatkanlah berbagai tools komunikasi agar tetap dapat terhubung. Apabila ada pelanggan yang mengalami membutuhkan bantuan, tawarkanlah solusi.

2. Berkomunikasilah juga lewat media sosial

Media sosial juga menjadi salah satu saluran komunikasi yang banyak disukai oleh pelanggan yang menyukai cara praktis dan cepat untuk bisa memperolah informasi dari bisnis Anda karena pada nyatanya, tak semua menggunakan saluran telepon atau email lagi. Di media sosial, pelanggan bisa meninggalkan pesan di kolom komentar atau private message.

3. Analisis performa bisnis secara konsisten

COVID-19 yang merebak di Indonesia memang mempengaruhi semua sektor bisnis, tanpa terkecuali. Kini, fokus utama para pemilik bisnis bukan lagi untuk mencari keuntungan, melainkan membuat arus kas keuangan tetap terjaga dengan baik.

Maka dari itu, sembari bekerja dari rumah, ini adalah kesempatan emas bagi para pebisnis untuk bisa menganalisis performa usaha secara konsisten. Buatlah laporan lengkap dan cari tahu seberapa besar dampak COVID-19 bagi bisnis, baru setelahnya Anda bisa menentukan strategi selanjutnya.

4. Tetap jaga kualitas produk

Ketika menjual produk dan jasa, sesering apa Anda memberikan diskon untuk menarik pelanggan?

Ada yang sering memberikan diskon supaya pelanggan tak lari, terutama di bulan Ramadan ini agar penjualan bisnis online meningkat. Namun, adapula yang jarang memberi diskon lantaran takut pembeli hanya menginginkan produk dan jasa apabila hanya ada potongan harga saja.

5. Tawarkan produk baru

Inilah yang dimaksud dengan diversifikasi produk. Agar penjualan bisnis online di bulan Ramadan meningkat dan Anda tetap memiliki pendapatan di tengah pandemi, coba analisis kebutuhan masyarakat saat ini. Di saat pelanggan tidak bisa ke luar rumah, layanan apa yang bisa Anda tawarkan?

Yuk Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Tips Sehat Menjalani Work from Home (WFH)
Next post Peduli COVID-19, RFB Palembang Salurkan 250 Paket Sembako