2 July 2022

5 Cara Mudah Mengatasi Bibir Pecah Pecah

KEDAINEWS.COM – Bibir merupakan bagian tubuh yang unik dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Hal ini karena bibir tidak memiliki kelenjar minyak untuk menjaga kelembapannya. Oleh karena itu, paparan sinar matahari bisa membuat bibir menjadi kering.

Sebagian orang beranggapan bahwa bibir pecah-pecah hanya terjadi saat musim panas atau kemarau saja. Padahal, kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, bahkan saat udara atau cuaca dingin sekalipun. Beberapa kondisi medis tertentu juga bisa menyebabkan bibir pecah-pecah, seperti kurang gizi, iritasi, dan efek samping obat-obatan.

Kondisi tersebut bisa semakin memburuk jika bibir tidak dirawat dengan baik. Beberapa gejala bibir pecah-pecah yang dapat muncul, meliputi:

Bibir terasa kering, bahkan sampai mengelupas
Muncul sisik pada bibir
Terdapat luka
Bengkak
Berdarah

Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah
Anda tidak perlu khawatir bila mengalami bibir pecah-pecah, sebab ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan dan mencegah terjadinya bibir pecah-pecah, yaitu:

1. Kurangi kebiasaan menjilat bibir
Banyak orang yang kerap menjilat bibir untuk membasahi dan mengatasi bibir kering. Namun, pada kenyataannya, menjilat bibir justru bisa menyebabkan bibir gatal dan dapat memperburuk kondisi bibir pecah-pecah. Hal ini karena air liur lebih cepat menguap sehingga bisa menyebabkan kondisi bibir lebih kering daripada sebelum dibasahi dengan air liur.

2. Gunakan pelindung bibir
Penggunaan pelembap bibir atau lip balm juga dapat mencegah kondisi bibir pecah-pecah, terutama saat beraktivitas di bawah sinar matahari. Anda pun bisa mencoba pelembap bibir alami, seperti madu, minyak kelapa, lidah buaya, dan minyak zaitun, untuk mengatasi bibir pecah-pecah.

3. Hindari pemicu alergi
Kondisi bibir pecah-pecah juga bisa terjadi sebagai akibat dari reaksi alergi tubuh terhadapat suatu zat. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan bahan-bahan yang bisa memicu alergi. Sebagian orang rentan alergi terhadap produk parfum, pewarna, kosmetik, atau produk perawatan kulit dengan bahan-bahan tertentu.

4. Cukupi asupan cairan tubuh
Kurangnya cairan dalam tubuh juga bisa menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah. Oleh karena itu, penting untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya. Tak hanya mencegah bibir pecah-pecah, tercukupinya kebutuhan cairan juga dapat menurunkan risiko terkena dehidrasi.