21 September 2021

5 Makanan Penambah Darah Untuk Anemia

Yuk Bagikan Artikel Ini

KEDAINEWS.COM – Penyakit kurang darah dalam istilah medis adalah anemia. Anemia merupakan kondisi ketika darah tidak memiliki sel darah merah sehat yang cukup. Kurang darah dapat membuat organ-organ diseluruh tubuh mengalami kekurangan oksigen,sehingga membuat penderita anemia pucat dan mudah lelah.

Selain pucat dan mudah lelah penderita anemia juga kerap mengalami pusing,sesak nafas,limbung,atau detak jantung cepat,dan lain sebagainya. Oleh sebab itu,pola makan sehari-hari juga perlu untuk diperhatikan. Berikut jenis-jenis makanan yang bisa membantu menambah darah secara alami ala Kedainews nih sahabat.

1. Daging merah dan daging unggas

Sumber makanan tinggi zat besi pertama, yaitu daging merah, Di dalam 100 gram daging merah, seperti daging sapi dan daging kambing, terdapat sekitar 2,7 mg zat besi. Dengan mengonsumsi daging merah, sahabat sudah bisa memenuhi setidaknya 15 persen dari total asupan zat besi harian loh.

Selain itu, mengonsumsi sebanyak 100 gram daging unggas, seperti daging ayam, sudah memenuhi sekitar 13 persen dari jumlah total asupan harian zat besi. Tidak hanya daging ayam, daging bebek juga cocok menjadi jenis makanan penambah darah dari golongan unggas.

2. Sayuran berdaun gelap

Bayam adalah sumber zat besi yang baik untuk mencegah anemia. Dengan mengonsumsi secangkir bayam, Sahabat bisa mendapatkan asupan zat besi sebanyak 3,72 mg.

Sahabat juga bisa mengolah bayam sebelum mengonsumsinya karena zat besi pada bayam yang sudah dimasak lebih mudah diserap tubuh dibandingkan dengan bayam yang belum dimasak. Jadi pastikan sahabat memasak sayur bayam terlebih dahulu yaa.

3. Jeroan ayam

Jeroan ayam atau organ dalam seperti ampla dan hati bisa diolah jadi beragam santapan lezat loh sahabat, mulai dari sate, sup, sambal, rendang, dan masih banyak olahan lainnya yang bisa sahabat olah. Berbentuk oval dan kecil serta tekstur yang terasa kenyal, jeroan ayam biasanya dijual bersama dengan hati, jantung, dan usus. Tentunya jeroan ayam dapat dijumpai pada beberapa kedai di pasar yang menjual ayam mentah.

Makanan ini mengandung banyak nutrisi. Setiap 3.5 ons jeroan ayam mengandung 223 kalori, 44 gram protein, 4 gram lemak, 3.2 mg zat besi, 4.4 mg zinc, dan 2.4 mikrogram vitamin B12. Selain itu, jeroan ayam juga mengandung vitamin C, vitamin A, riboflavin, niacin, selenium, fosforus, kalium, magnesium, tembaga, dan mangan.

ternyata bagian lain dari ayam juga sangat bagus untuk menambah darah yaa sahabat.

4. Seafood

Seafood atau olahan laut juga kaya akan omega-3, protein, dan zat besi yang tentunya baik untuk penderita darah rendah. Olahan laut yang bisa dinikmati sahabat di antaranya kerang, ikan, hingga udang bisa disajikan sebagai lauk harian guna menambah asupan darah ke tubuh.

Sama halnya dengan daging, perlu diingat juga batasi jumlah konsumsinya agar terhindar dari kolesterol ya sahabat. Bagi yang memiliki tekanan darah tinggi juga sebaiknya hindari olahan laut atau kurangi jumlah garamnya. Dan jika sahabat memiliki alergi terhadap seafood tidak disarankan untuk mengkonsumsinya yaa.

5. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang adalah sumber zat besi yang baik. Beberapa pilihan kacang yang tinggi zat besi misalnya kacang merah, buncis, kedelai, kacang polong dan kacang hitam. 

Selain kacang ternyata biji-bijian juga bagus loh sahabat ,biji-bijian tertentu diketahui juga kaya akan zat besi. Termasuk seperti gandum,pumpkin seed, biji rami dan biji bunga matahari.

 

Adelia Putri ( Samarinda )

Yuk Bagikan Artikel Ini
Previous post Suka Dengerin Radio? Ternyata Ini Manfaatnya!
Next post Apa Saja Penghasilan Besar Meski Kerja Dari Rumah?