23 April 2024

5 Manfaat Lari Pagi di Masa PPKM

KEDAINEWS.COM – Manfaat lari pagi mampu membuat badanmu terasa lebih segar dan bugar. Kamu bisa menikmati udara bersih dan menikmati suasana pagi sebelum melakukan aktifitas harian.

Berlari merupakan cara yang paling efisien dan nyaman dalam olahraga kardio. Intensitas olahraga lari yang kamu lakukan secara teratur selama 30 menit dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Tidak hanya penyakit pada jantung, berikut ini adalah sederet manfaat lari pagi bagi kesehatanyang tidak boleh kamu lewatkan.

1. Mengurangi Stres

Olahraga lari di pagi hari mampu menurunkan stres, rasa cemas, maupun depresi. Lari dapat memperbaiki mood-mu dan mengurangi rasa depresi, cemas dan stres. Saat berolahraga, tubuhmu akan melepaskan hormon endorfin. Hormon ini akan berinteraksi dengan reseptor di otakmu untuk mengurangi depresi.

 2. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Kesehatan jantung akan terjaga dengan lari pagi. Tekanan darah, kadar gula darah, dan kolesterol dapat dikendalikan dengan melakukan olahraga lari. Manfaat lari pagi dapat membantumu untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

 3. Memperkuat Tulang

Lari pagi dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang

Berlari merupakan aktivitas menahan beban yang membantu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Sebuah penelitian menemukan bahwa pria yang melakukan olahraga lari memiliki tulang yang lebih kuat dibandingkan dengan yang tidak beraktivitas fisik.

Lari sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang. Melakukannya secara rutin akan meningkatkan massa tulangmu.

4. Menunda Penuaan Dini

Berlari selama 30-menit dalam tiap hari bisa membantumu menjauhi penuaan dini. Berlari selama 30 atau 40 menitsetiap hari selama 5 hari dalam seminggu dapat mengurangi penuaan sel hingga 9 tahun. Gaya hidup yang buruk, seperti kurang berolahraga, dapat menyebabkan ketidakmampuan tubuh dalam mengimbangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat lari pagi juga bisa menurunkan berat badan. Lari pagi akan membakar kalori sekitar 295 kalori dengan kecepatan lari 8 km/jam. Sementara berjalan kaki dengan kecepatan sekitar 5,5 km/jam mampu membakar 140 kalori. 

Previous post PPKM Level 4 ! Berikut Tips Menabung Agar Mampu Bertahan Hidup
Next post Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu