kedaiHEALTH

5 Manfaat Puasa Saat Pandemi Covid19

KEDAINEWS.COM – Puasa pada saat bulan ramadhan bukan saja dipandang dari sudut religi namun juga memberi dampak besar pada kesehatan tubuh manusia. Berikut ini 5 manfaat yang kamu bisa rasakan dari berpuasa untuk tubuh kamu jauh lebih baik apalagi disaat pandemi covid19 saat ini.

1. Detoksifikasi tubuh

Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa sesungguhnya tubuh kita melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat/racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal.

2. Membantu regenerasi sel

Manfaat puasa ramadhan juga dapat membantu proses regenerasi sel dalam tubuh. Ketika menjalankan ibadah puasa, sel-sel dalam organ tubuh kita melakukan proses regenerasi (pembaharuan sel) dengan baik.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Selanjutnya, manfaat puasa ramadhan yakni dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dimana fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik 10 kali lipat.

4. Mengontrol gula darah

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang sangat berguna bagi penderita diabetes. Selain itu, pembatasan asupan kalori dalam tubuh saat seseorang berpuasa juga dapat mengurangi resistensi insulin.

Penurunan resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga tubuh dapat mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel dengan lebih efisien.

5. Mengurangi peradangan

Peradangan sebenarnya dapat membantu tubuh untuk melawan infeksi jika terjadi dalam kondisi normal. Namun, beberapa peradangan kronis dapat menimbulkan penyakit tertentu seperti multiple sclerosis.

Beberapa penelitian menemukan bahwa manfaat puasa dapat membantu menurunkan tingkat peradangan dan meningkatkan kondisi kesehatan tubuh.

Yuk Bagikan Artikel Ini :

BACA ARTIKEL LAINNYA