25 June 2024

KEDAINEWS.COM – Masuk angin merupakan istilah yang dikenal oleh orang awam ketika kondisi tubuh sedang tidak enak badan, seperti pusing, mual, demam, hidung tersumbat, dan lain sebagainya.

Dalam dunia medis, gangguan kesehatan yang memiliki gejala masuk angin ini sebenarnya bernama flu atau common cold. Bagaimana sih cara ampuh mengatasi masuk angin secara alami? Simak 5 tips berikut ini.

1. Air Jahe
Jahe merupakan bumbu dapur yang sudah terkenal khasiatnya untuk menghangatkan tubuh. Jahe juga memiliki manfaat untuk mengatasi kembung serta melancarkan sirkulasi darah.

2. Rebusan Air Daun Pepaya
Resep satu ini mungkin bakal membuat kalian mengernyitkan dahi karena rasa pahitnya. Namun, rebusan air pepaya ini ampuh banget mengobati masuk angin.

Kandungan antioksidan dan antibiotik tinggi di dalam daun pepaya efektif untuk menjaga sistem imun tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

3. Teh Hijau
Teh hijau dikenal mengandung antioksidan tinggi yang dapat membasmi radikal bebas. Hal tersebut dapat memberikan manfaat baik untuk penderita masuk angin. Selain itu, teh hijau juga memberikan efek relaksasi pada tubuh.

Saat masuk angin, sebaiknya kalian mengonsumsi teh hijau yang memiliki kandungan kafein dan polifenol rendah.

Stimulasi suhu tubuh akan meningkat dan sistem pencernaan juga lancar. Tubuh tentu akan merasa lebih baik setelah mengonsumsinya.

4. Pijat Refleksi
Selain menggunakan obat tradisional, pijat refleksi cocok bagi kalian yang ingin mengobati masuk angin.

Pijat ini merupakan teknik pengobatan yang masih banyak digunakan untuk saat ini lantaran khasiatnya yang besar.

Untuk mengobati masuk angin, kalian tidak boleh asal memijat. Karena banyak titik-titik tertentu yang perlu diketahui agar pijat refleksi tidak sia-sia.

Lebih baik jika kalian mengunjungi para ahli yang sudah biasa melakukan hal tersebut.

Biasanya setelah melakukan pijat refleksi, angin statis di dalam tubuh dapat keluar baik melalui sendawa maupun kentut. Dengan keluarnya angin tersebut, masuk angin akan perlahan membaik.

5. Kerokan Efektif Mengobati Masuk Angin
Kerokan adalah metode pengobatan tradisional untuk mengobati masuk angin. Kerokan dilakukan dengan menggaruk kulit punggung menggunakan benda tumpul seperti uang logam.

Guratan merah akan timbul seiring dengan angin yang keluar. Kerokan biasanya membutuhkan bantuan lotion, balsem atau minyak kayu putih agar kulit lebih licin dan meminimalisir iritasi.

Previous post Pentingnya Memilih Air Untuk Memasak
Next post UNIQLO Kembali Ikut Serta di Indonesia Retail Summit, dengan Targetkan 80% Produksi Domestik di 2023