23 April 2024

5 Usaha Modal Murah di masa PPKM

KEDAINEWS.COM – Pandemi Covid19 hingga saat ini belum terselesaikan bahkan semakin menggila. Indonesia bahkan belakangan menjadi negara dengan tingkat infeksi tertinggi di Dunia. Pemerintahpun memberlakukan PPKM atau pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat. Ujungnya banyak jalan disekat bahkan ditutup, usaha yang tidak memiliki urgensi disaat pandemi dibatasi hingga dilarang beroperasional sehingga berdampak pada makin banyaknya pemutusan hubungan kerja atau PHK. Kesulitan ekonomi jelas makin bertambah, namun kiranya kita tidak putus asa dan mencoba beberapa usaha dari rumah dengan modal murah yang setidaknya dapat kita coba untuk menambah penghasilan.

1. Usaha Online

Memanfaatkan kemajuan teknologi, usaha online sudah banyak digandrungi bahkan sebelum wabah Pandemi menjangkit. Ide usaha online ini sangat beragam dan fleksibel, hanya perlu memanfaatkan internet dan laptop atau smartphone saja.

Terlebih di tengah pembatasan sosial seperti sekarang, dimana masyarakat lebih banyak beraktivitas di dalam rumah yang justru meningkatkan penggunaan internet -termasuk untuk berbelanja. Menjalankan usaha online bisa dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan lapak-lapak e-commerce yang kian banyak tersedia, atau bisa juga membuat toko online via website pribadi, bahkan menggunakan media sosial.

2. Usaha Pembuatan Kain Masker

Selama masa pandemi ini, masker menjadi barang wajib dikenakan, terlebih ketika harus melakukan aktivitas di luar rumah. Fenomena ini membuat masker medis menjadi barang yang cukup langka -apalagi sempat adanya kelangkaan dan kalaupun ada harganya terbilang tinggi. Sampai kemudian, keluar himbauan bahwa masker medis diperuntukkan bagi para pejuang garda terdepan dalam menangani pasien covid dan untuk masyarakat bisa dengan masker kain sebagai alternatif.

Dan hal ini bisa menjadi peluang usaha bagi yang memiliki keterampilan menjahit Menjalani usaha masker kain bisa sangat menguntungkan untuk dijalankan.

3. Usaha Catering Harian

Salah satu usaha yang menjanjikan adalah berjualan makanan. Ini sudah pasti menjadi peluang usaha yang bagus bagi yang memiliki kemampuan memasak mumpuni dengan menjalani usaha catering harian.

Wabah virus corona membuat sebagian masyarakat mulai concern dalam menjaga kesehatan, salah satunya menjaga pola dan asupan makan yang lebih sehat. Bisa dengan menjalani catering yang menghadirkan menu-menu sehat dan bergizi seimbang.

4. Bisnis Makanan Beku (Frozen Food)

Di saat Pandemi, aktifitas di luar rumah dibatasi dan sebisa mungkin tidak kemana-mana, kecuali untuk hal yang begitu mendesak. Dan hal ini justru membuat seseorang lebih sering menyimpan makanan agar intensitas keluar rumah bisa dikurangi. Apalagi bagi orang yang tidak piawai memasak, sehingga lebih sering membuat makanan yang cenderung simpel dan mudah, seperti Frozen food misalnya.

Nah, ini juga bisa jadi peluang usaha. Menjalankan usaha frozen food tidak terlalu sulit. Setidaknya, yang harus disiapkan adalah freezer dan persediaan frozen food yang beragam.

5. Usaha Menulis/ Content Writer

Pernah dengar istilah ‘hal yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar’? Nah jika memiliki hobi menulis, bisa memanfaatkannya dengan menjadi penulis lepas atau content writer.

Manfaatkan kesempatan sebaik-baiknya bisa dengan menulis sebuah cerita pendek dan menjualnya, atau mempostingnya di blog pribadi. Pekerjaan sebagai editor di sebuah perusahaan penerbit atau outlet media online juga bisa menjadi pilihan.

Previous post Peduli Pendidikan, Astra Motor Sumsel Gelar AHMBS
Next post Berjemur Untuk Imun Tubuh Saat Pandemi Corona