26 October 2021

6 Tempat Wisata Spektakuler di Palembang

Yuk Bagikan Artikel Ini

Palembang merupakan salah satu kota besar yang ada di Sumatera Selatan. Jika kita mendengar nama Kota Palembang, pikiran kita langsung mengarah ke kulinernya berupa pempek. Karena saking terkenalnya, pempek Palembang itu kini sudah sampai di seluruh Indonesia. Tidak hanya kulinernya saja yang terkenal namun Palembang juga terkenal dengan Sungai Musi serta Jembatan Ampera.

Jembatan Ampera merupakan jembatan yang menjadi bukti penderitaaan rakyat Indonesia. Ampera sendiri singkatan dari Amanat Penderitaan Rakyat. Sungai Musi dan Jembatan Ampera ini tidak bisa dipisahkan bagai dua sisi koin yang saling terikat satu sama lain. Palembang dulunya merupakan kerajaan baharai Buddha terbesaar yang ada di Asia Tenggara. Hal itu dikarenakan kerajaan Sriwijaya berada di Palembag dan kerajaan itu mendominasi Nusantara dan juga semenanjung Malaya di abad e-9.

Kota Palembang ini juga dijuluki sebagai buminya Sriwijaya. Oleh sebab itu untuk mengenal kerajaan Sriwijaya tersebut, nama kerajaan itu dijadikan sebagai salah satu universitas di Palembang yaitu Universitas Sriwijaya ( UNSRI ). Berikut ini adalah tempat wisata di Palembang yang menarik untuk dikunjungi :

  1. Jembatan Ampera dan Sungai Musi
(Istimewa)

Tempat wisata pertama yang harus anda kunjungi ketika berada di Palembang adalah Jembatan Ampera dan Sungai Musi. Tempat ini wajib untuk anda kunjungi dikarenakan jembatan ini dan Sungai Musi merupakan ikon dari Kota Palembang. Anda tidak bisa dikatakan mengunjungi Palembang jika anda belum mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Sama halnya dengan anda tidak bisa dikatakan mengunjungi Jakarta jika anda tidak datang ke Monas.

Jembatan Ampera adalah jembatan yang dibuat oleh rakyat Indonesia. Anda bisa berkunjung ke jembatan ini pada malam hari, hal itu dikarenakan saat malam hari jembatan Ampera akan sangat eksotik dipenuhi dengan lampu. Pada tahun 1962 jembatan ini digunakan untuk penghubung dari Ulu dan juga Ilir. 50 meter dari Jembatan Ampera ini ada pusat souvenir dan juga makanan, Pusat souvenir dan makanan itu memudahkan wisatawan untuk berburu kuliner dan juga berburu oleh oleh.

 

  1. Pulau Kemaro
(Istimewa)

Palembang yang dulunya menjadi pusat kerajaa bahari terbesar di Indonesia membuat Palembang memiliki tempat wisata berupa air dan perairan yang menakjubkan. Salah satu tempat wisata bahari yang patut untuk anda kunjungi adalah Pulau Kemaro. Pulau ini adalah tempat wisata yang menarik bagi wisatawan sehingga tidak mengherankan jika pulau ini akan penuh saat musim liburan tiba. Pulau Kemaro lokasinya ada di tengah perairan Sungai Musi.

Selain anda bisa melihat keindahan dan keelokan Sungai Musi, pengunjung bisa melihat kondisi di Pulau tersebut. Pulau ini letaknya berada di 6 KM dari Jembatan Ampera. Karena letaknya yang strategis dengan ikon dari Kota Palembang, pulau ini banyak dikunjungi ketika liburan tiba. Obyek wisata yang menarik di pulau ini adalah vihara. Vihara tersebut masih berfungsi sampai dengan saat ini, sehingga tidak mengherankan jika saat berkunjung kesana anda bisa meihat banyak umat Budhha yang berdoa dan berziarah di Vhara tersebut. Selain Vihara itu pengunjung bisa melihat makam seorang putri cantik Palembang.

Kisah putri ini pun dijadikan sebagai legenda. Kisah dari Putri itu adalah putri itu menikah dengan anak raja dari negara China, mas kawin yang diberikan adalah 9 guci emas. Namun untuk menghindari bajak laut, guci emas tersebut ditutupi degan sayuran sebab dikirim melalui jalur perairan. Ketika anak raja melihat yang datang hanyalah sayuran, maka sayuran tersebut dibuangnya ke Sungai Musi. Ketika sang anak raja tahu bahwa guci tadi bersama sayuran yang telah dibuangnya ke sungai, anak raja itu pun menyesal dan menceburkan diri ke sungai. Setelah beberapa lama suaminya tidak muncul, puteri itu ikut menerjunkan diri ke sungai namun sang puteri dan suaminya tewas ke dalam sungai tersebut. Oleh sebab itu untuk mengenang mereka dibangunlah kuil-kuil di Pulau Kemaro tersebut.

  1. Bukit Siguntang
(Istimewa)

Bagi anda yang suka dengan suasana pegunungan atau pemandangan yang hijau anda bisa berkunjung ke Bukit Siguntang. Tempat wisata ini adalah salah satu tempat wisata yang tidak boleh untuk dilewatan. Hal itu dikarenakan anda akan merasakan kesegaran dan juga keindahan saat berada di Bukit Siguntang tersebut. Letak dai bukit ini ada di Bukit Lama, kecamatan Ilir Barat.

Tinggi dari Bukit Siguntang setinggi 29 sampai dengan 30 meter di atas permukaan laut sehingga bukit ini sebenarnya tidak terlalu tingggi untuk tinggi sebuah bukit. Meski begitu jangan lupa anda tetap membawa bekal makanan dan minuman sebab saat naik ke bukit ini tetap diperlukan tenaga yang ekstra.

Banyak orang palembang percaya bahwa bukit ini dulunya banyak dijadikan sebagai tempat untuk beribadah dan juga digunakan sebagai tempat persemedian. Kegiatan yang bisa anda lakukan disini selain menikmati keindahan yang ada adalah anda bisa melakuk ziarah di makam makam bangsawan di jaman dahulu, bangsawan itu memiliki jasa yang sangat penting bagi Palembang.

Bangsawan bangsawan itu merupakan pendiri Kota Palembang. Karena makam yang ada di tempat tersebut ddan fungsinya pada jaman dahulu membuat masyarakat Palembang percaya bahwa Bukit itu adaah tempat yang sakral dan suci sehingga jika datang ke tempat ini tidak boleh memiliki niat yang buruk dan berkata kotor.

4. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

(Istimewa)

Berwisata ke suatu tempat tidak akan lengkap rasanya jika tidak melakukan wisata sejarah. Wisata sejarah ini sangat penting dilakukan untuk mengenang kota tesebut lebih dekat. Agar liburan yang anda lakukan tidak hanya mendapatkan kesenangan saja, anda bisa mendapatkan ilmu pengetahuan baru. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II ini adalah tempat yang bisa digunakan untuk mengenang berbagai macam peninggalan dari kerajaan Palembang.

Lokasi museum ini berada di Jembatan Ampera dan juga Benteng Kuto Besak. Museum ini sangat unik dan desain arsitekturnya pun unik dilihat dari kedua tangganya yang melingkar dari kedua sisi. Berbagai macam peninggalan dari Kerajaan Palembang ini disimpan di museum ini, museum ini pun juga berguna untuk melestarikan benda benda bersejarah yang ada di Palembang agar barang barang peninggalan itu tidak punah.

5. Benteng Kuto Besak

(Istimewa)

Salah satu tempat wisata yang bisa anda kunjungi selanjutnya di Palembang. Letak dari benteng ini dekat dengan jembatan Ampera. Bisa dikatakan bahwa jembatan ampera ini dekaat dengan berbagai macam tempat wisata yang ada di Palembang. Oleh sebab itu tempat pertama yang bisa anda kunjungi ketika berada di Palembang adalah Jembatan Ampera, sehingga anda ketika udah berada di Jembatan Ampera akses untuk menuju tempat wisata lainnya yang ada di Palembang akan semakin mudah.

Adanya Benteng Kuto Besak ini menjadi bukti bahwa keraaan Palembang Darussalam tersebut berjaya dan berkembang d Indonesia. Melihat benteng Kuto Besak yang ada di Palembang ini mengingatkan kita dengan benteng Vredeburg yang ada di Kota Yogyakarta. Kedua benteng itu pun sama sama mengingatkan wisatawan akan perjuangan bangsa Indonesia pada saat jaman penjajahan.

Di dalam Benteng Kuto Besak terdapat kantor kesehatan Kodam Sriwijaya 2 dan juga rumahsakit. Bahkan tempat tersebut adalah benteng yang dibangun menggnakan dinding batu. Fungsi benteng ini pada jaman dahulu adalah digunakan sebagai benteng pertahanan dari serangan musuh. Meski sudah dibuat sejak jaman dahulu, benteng ini tetap kokoh dan tidak rapuh.

  1. Kembang Iwak Family Park
(Istimewa)

Mendengar namanya yang unik anda tentu menjadi bertanya tanya sebenarnya wisata seperti apa yang ada di tempat tersebut. Nama tempat wisata tersebut menggunakan bahasa jawa dan juga bahasa inggris dimana artinya adalah taman bunga ikan keluarga. Mendengar namanya tersebut pikiran kita langsung mengarah taman yang dipenuhi dengan bunga, ikan dan digunakan sebagai tempat wisata keluarga. Sebenarnya tempat wisata ini merupakan tempat wisata berupa danau yang ada di pusat kota. Letak dari danau ini berdekatan sekali dengan tempat tinggal walikota Palembang.

Disini wisatawan akan bisa melihat berbagai macam tempat rekreasi lainnya dan tentunya tempat rekreasi itu menarik. Yang paling menarik dari tempat wisata ini adalah adanya air mancur dengan lampu sorotnya yang warna warni. Oleh sebab itu mengunjungi tempat wisata ini sangat bagus dilakukan saat malam hari Jika tidak berkunjung saat malam hari pengunjung tidak akan bisa melihat keindahan air mancur dengan sorot cahayanya yang warna warni seperti pelangi. Kegiatan yang menarik adalah duduk di tepi danau sambil melihat keindahan air mancur dengan sorot warna warniya tersebut.

Yuk Bagikan Artikel Ini
Previous post 8 Cara Agar Otak Lebih Tajam dan Fokus
Next post Rekomendasi Tempat Wisata yang Menarik Dikunjungi Ketika Musim Hujan