2 July 2022

7 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga dan Diet Ketat

KEDAINEWS.COM – Mengecilkan perut buncit bisa dilakukan tanpa olahraga dan diet secara ketat. Sebab fokus perut buncit ada pada penumpukan lemak di perut. Ini berarti hal yang harus disingkirkan adalah lemak-lemak tersebut. Berikut 7 cara yang kami rangkum agar bisa membantu mengecilkan perut dengan efektif tanpa harus olahraga.

1. Tidak Melewatkan Waktu Sarapan

Cara pertama untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan sarapan yang teratur. Karena selain alasan kesehatan, sarapan bisa membantu tubuh untuk mengontrol porsi makan siang agar tidak berlebihan. Cara ini otomatis akan mengurangi porsi makanan. Namun, perlu diingat, saat sarapan sebaiknya tidak mengonsumsi lemak jenuh.

2. Minum Air Mineral Cukup dan Teratur

Cara selanjutnya adalah dengan minum air mineral. Cara ini dapat membantu mengonsumsi makanan lebih sedikit sehingga mampu membantu menurunkan berat badan, terutama jika meminum air mineral sebelum makan. Studi pada orang dewasa mengemukakan bahwa minum setengah liter air sekitar 30 menit sebelum makan bisa mengurangi rasa lapar dan asupan kalori.

3. Banyak Mengonsumsi Kandungan Protein

Kandungan protein pada makanan memiliki efek kuat untuk meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi rasa lapar, dan membantu untuk makan lebih sedikit kalori. Ini dikarenakan protein mengandung hormon yang berperan pada rasa lapar dan kenyang.

4. Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat

Mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat larut juga menjadi salah satu cara mengecilkan perut secara efektif. Makanan dengan kandungan serat yang tinggi mampu meningkatkan rasa kenyang dan mencegah untuk makan dengan porsi berlebihan.

5. Mengurangi Asupan Sodium

Kandungan garam yang ada dalam makanan asin dan gurih ternyata mampu mengikat atau menahan air di dalam tubuh. Sehingga, ketika terlalu sering mengonsumsi makanan bersodium tinggi, tentu akan berpengaruh pada kenaikan berat badan tubuh. Oleh karena itu, mengurangi asupan makanan yang bersodium tinggi bisa membantu mengecilkan perut.

6. Hindari Minuman Tinggi Gula

Mengonsumsi minuman manis dengan tambahan gula tentu wajib dihindari jika ingin mengecilkan perut. Minuman atau makanan dengan kandungan gula tinggi mampu membuat peningkatan lemak pada perut.

7. Tidur Cukup dan Teratur

Istirahat yang cukup rupanya memiliki efek kuat untuk menurunkan berat badan dan menahan nafsu makan. Kurang tidur bisa menyebabkan gangguan pada hormon pengatur nafsu makan leptin dan ghrelin. Karena itu, jika ingin mengecilkan perut harus memiliki waktu istirahat yang cukup (8 jam untuk orang dewasa). Hal ini membantu tubuh tetap sehat dan mampu mencerna kalori yang masuk ke dalam tubuh dengan baik.