24 April 2024

Aduh Harga BBM-LPG Bakal Naik Tahun Depan

KEDAINEWS.COM – Pengguna BBM dan LPG harus siap siap kecewa karena BBM dan LPG berpotensi mengalami kenaikan harga. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan hal ini akan terjadi apabila nantinya pajak karbon (carbon tax) diterapkan.

Rencana pajak karbon yang lagi dibuat Kementerian Keuangan punya pengaruh pada tambahan biaya dan harga baik di sektor hulu dan hilir bagi pemasar energi yang menghasilkan karbon. Salah satu dampaknya adalah kenaikan harga BBM dan LPG.

“Ini tentu akan menyebabkan kenaikan harga baik di sisi hulu maupun di hilir bagi pemasar yang menghasilkan karbon,” kata Arifin Tasrif dalam keterangan resmi.

Arifin menyampaikan hasil pengujian internal Kementerian ESDM dengan menunjukkan tiga skema perhitungan dasar atas penerapan pajak karbon di sektor energi, yakni USD 2 per ton (Rp 30/kg CO2e), USD 5 per ton (Rp 75/kg CO2e), dan USD 10 per ton (Rp 150/kg CO2e).

Secara rinci, terdapat tambahan biaya dari sisi produksi maupun tambahan harga dari sisi konsumen oleh produsen yang menghasilkan emisi seperti batu bara, minyak, dan gas bumi seiring diberlakukannya pengenaan pajak karbon.

Previous post Super Air Jet Mulai Terbang dari Lombok-Jakarta
Next post Jangan Asal Pakai Loh Ini Bahaya Soda Kue