21 September 2021

Anak Jenuh Belajar Dirumah? Ini Solusinya

Yuk Bagikan Artikel Ini

KEDAINEWS.COM –¬†Selama masa pandemi seperti ini, tak hanya bekerja yang dilakukan dirumah (WFH) tetapi anak-anak juga diharuskan belajar daring dari rumah. Selain waktu yang fleksibel belajar daring terus menerus akan berdampak buruk pada anak mulai dari kecanduan gadget,tab,komputer dan lain sebagainya.

Untuk itu peranan orang tua sangat penting disela-sela anak saat belajar daring,tak hanya untuk mengontrol anak-anak saat memahami materi, peranan orang tua sebagai pendamping anak agar anak tak mudah bosan ataupun bermalas-malasan.

Saat anak-anak mulai jenuh dan bosan saat mengerjakan tugas orang tua tak harus selalu menegur dengan nada tinggi atau memarahi mereka.hal-hal seperti ini dapat dialihkan dengan berbagai macam cara yaitu:

1. Belajar sambil bermain

Di era pandemi seperti ini anak-anak cenderung terlalu lama menatap layar gadget yang isinya hanya tulisan tanpa ada unsur menyenangkan bagi anak-anak. Maka dari itu orang tua wajib membimbing anaknya dengan mainan yang beredukasi contohnya adalah balok abjad. Dengan balok abjad orang tua dapat mengedukasi anak dengan cara menyusun balok abjad tersebut menjadi sebuah kata atau kalimat yang berhubungan dengan pelajaran anak-anaknya.

2. Menulis dengan tinta berwarna

Anak-anak cenderung menyukai objek dengan warna yang beragam,menggunakan tinta berwarna akan membuat perhatian anak teralihkan dari rasa bosan saat belajar.Tapi harus diingat bahwa penggunaan tinta berwarna hanya untuk dituliskan dikertas lain,bukan untuk dibuku tugas anak-anak yaa.

3. Sambil memutar musik

Trik ini berguna untuk mengasah otak anak,meningkatkan daya fokus dan daya ingat pada anak. Tak perlu khawatir anak anda akan terfokus untuk bernyanyi dan meninggalkan pelajarannya,karna pada dasarnya musik kesukaan si anak akan membuatnya lebih rileks dalam mengerjakan suatu hal.

Nah itu tadi adalah beberapa trik dan tips yang bisa menjadi referensi para ibu dan ayah dirumah,karena edukasi tak hanya dari guru namun juga dari orang tua dirumah.

 

Adelia Putri ( Samarinda )

Yuk Bagikan Artikel Ini
Previous post Youtuber Indonesia Sudah Menikah Tapi Tidak Mau Punya Anak, Alasannya?
Next post Tetap Terdepan, RFB Raih 2 Penghargaan