KEDAINEWS.COM – Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan obat bernama paracetamol. Paracetamol sudah menjadi obat umum yang digunakan banyak orang untuk mengatasi banyak kondisi.

Paracetamol atau acetaminophen memiliki manfaat utama yaitu untuk meredakan rasa nyeri dan menurunkan demam. Namun, selain itu, obat yang dijual bebas ini juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan lainnya. Ketahui apa saja manfaat paracetamol di sini. Berikut ini setidaknya ada tiga manfaat paracetamol.

 

1. Menurunkan Demam

Selain sebagai obat pereda nyeri atau analgesik, manfaat paracetamol lainnya adalah memiliki sifat antipiretik. Obat antipiretik adalah obat yang mampu menurunkan demam. Paracetamol diduga bisa meningkatkan suhu tubuh dengan cara memengaruhi hipotalamus di otak.

 

2. Meredakan Nyeri Ringan Hingga Sedang

Paracetamol dikenal akan manfaatnya sebagai pereda rasa nyeri atau analgesik. Bagaimana cara kerja paracetamol dalam meredakan rasa nyeri belum diketahui sepenuhnya, tapi para peneliti menduga obat ini memiliki efek pada hormon yang disebut prostaglandin yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan.

Sebagai obat analgesik, paracetamol bisa meredakan rasa nyeri ringan hingga sedang di berbagai area tubuh, seperti: Sakit kepala. Sakit gigi. Nyeri otot. Radang sendi dan Sakit punggung. Selain itu, paracetamol dapat meredakan rasa nyeri yang muncul akibat menstruasi pada wanita, rasa sakit di beberapa bagian tubuh akibat flu dan pilek, serta nyeri di area suntikan setelah vaksinasi.

 

3.Manfaat Lainnya

Selain kedua manfaat tersebut, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa paracetamol atau acetaminophen mungkin bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah dan menjaga fungsi otot. Paracetamol juga diduga bisa melindungi kesehatan jantung dan otak, karena memiliki sifat antioksidan.

Previous post Sambut HUT ke-76 RI, Astra Gelorakan Gerakan #SemangatSalingBantu
Next post Ternyata 5 Produk Ini Laris di Jual Online