21 September 2021

Beli atau Sewa Ruko Yang Menguntungkan Untuk Usaha?

Yuk Bagikan Artikel Ini

KEDAINEWS.COM – Diera pandemi saat ini cukup banyak properti termasuk ruko atau rumah toko yang dijual oleh pemiliknya dengan berbagai alasan salah satunya untuk mendapatkan uang cash. Namun ada juga yang menyewakan ruko tanpa harus menjual. Nah anda sendiri mungkin bingung perlu membeli ruko atau menyewa ruko untuk usaha atau sekaligus tempat tinggal. Berikut penjelasannya;

1. Status ruko

Nah, tentu Anda tidak ingin kan ada kendala dengan usaha Anda karena status ruko yang tidak jelas? Maka itu, cek kepada pemilik tentang status sertifikat ruko yang Anda akan sewa. Hal yang perlu Anda cek adalah Sertifikat Hak Milik (SHM) atau Hak Guna Bangunan (HGB). Jika masih HGB, hati-hati dan perhatikan masa berlakunya agar tidak ada kejutan yang tidak diinginkan

Selain itu, pastikan terlebih dahulu bahwa ruko yang ingin Anda sewa sudah memiliki Izin Mendirikan Usaha (IMB) sehingga Anda memiliki izin untuk menjadikan ruko tersebut sebagai ruang usaha. Jika ruko yang Anda ingin sewa belum memenuhi kriteria di atas, ada baiknya segera cari tempat lain untuk bisnis Anda.

2. Lokasi

Poin ini masuk akal, bukan? Untuk menghindari usaha Anda berakhir dengan gulung tikar dalam waktu yang cepat, pilih ruko yang memiliki lokasi tepat, ya!

Pertimbangkan sejumlah aspek seperti jenis, tujuan, dan target konsumen usaha Anda untuk mengukur apakah lokasi ruko tersebut cocok dengan usaha Anda. Jika Anda memiliki usaha perlengkapan golf, pilih ruko yang tidak jauh dengan lapangan golf.

Pertimbangan lainnya mengenai lokasi adalah jarak antara ruko dengan rumah Anda. Ketika Anda sudah memutuskan untuk memulai bisnis dan menyewa ruko sebagai tempat berbisnis Anda, ruko tersebut akan menjadi rumah kedua bagi Anda. Tak heran jika waktu Anda setiap hari akan di habiskan di situ.

Nah, untuk menghindari hal-hal merepotkan seperti harus bolak-balik ke ruko dan rumah yang jaraknya sangat jauh, lebih baik memilih ruko yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal Anda.

3. Kebersihan dan keamanan ruko

Sama seperti rumah tinggal, kebersihan dan keamanan tempat usaha Anda juga sangat penting, lho. Jangan hanya mencari informasi kepada pemilik ruko, tetapi cobalah tanya kepada warga sekitar mengenai lingkungan tersebut agar Anda mendapat jawaban jujur dan akurat.

Apakah lokasi tersebut sering terkena banjir? apakah petugas keamanan rutin patroli? Tanyakan semua yang Anda ingin ketahui kepada penduduk sekitar ruko sebelum menentukan apapun agar Anda mempunyai informasi cukup mengenai lingkungan ruko.

4. Potensi pasar di lingkungan calon ruko Anda

Buat riset secara matang mengenai potensi pasar di lingkungan calon ruko baru Anda. Ketahuilah tingkat keramaian pengunjung setiap harinya, seberapa banyak usaha di sekitar ruko yang dapat menjadi kompetitor Anda, dan juga nilai tambah apa yang usaha Anda akan punya di lingkungan itu yang akan menarik konsumen.

Sama seperti poin-poin di atas, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai potensi pasar di lingkungan ruko sebelum membuat keputusan mengenai calon ruko usaha Anda.

5. Kondisi dan fasilitas

Menyewa ruko saja pasti sudah membutuhkan biaya cukup besar. Pasti Anda tidak ingin menghabiskan uang lagi untuk melakukan renovasi besar, kan? Nah, untuk menghindari itu, pahami secara benar-benar kondisi dan fasilitas calon ruko usaha Anda.

Ketahui apa saja yang akan dimiliki saat ruko sudah menjadi hak milik Anda dan apakah cocok dengan usaha Anda? Misalnya, apabila Anda ingin membuka usaha laundry, mungkin Anda tidak perlu memiliki dapur besar yang canggih. Jadi, jangan lupa sesuaikan fasilitas ruko dengan usaha Anda juga.

6. Waktu sewa

Selain Anda, pemilik ruko juga pasti sudah menentukan minimum waktu sewa dan kapan Anda harus melakukan pembayaran. Secara umum, setiap ruko memiliki masa sewa minimal tiga tahun dan memiliki sistem pembayaran di muka terlebih dahulu untuk satu atau dua tahun pertama.

Di sinilah Anda harus bersedia untuk bernegosiasi dengan pemilik ruko untuk mencapai sebuah kesepakatan yang akan menguntungkan untuk kedua belah pihak.

Jika Anda masih kurang yakin atas potensi lokasi ruko tersebut, coba berusaha untuk melakukan pembayaran awal untuk kurang dari satu tahun.

7. Harga

Banyak faktor yang mempengaruhi harga sewa sebuah ruko. Lokasi, kondisi, fasilitas, semuanya pasti akan dipertimbangkan oleh pemilik ruko. Nah, perhatikan prioritas dalam usaha Anda dengan harga sewa ruko agar Anda juga tidak rugi sebelum usaha mulai.

Jangan lupa juga untuk membuat riset terhadap harga ruko yang Anda akan sewa sehingga Anda tidak dirugikan oleh pihak siapa pun.

Masih butuh pertimbangan lebih lanjut? Tenang, sekarang Anda akan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari menyewa atau membeli ruko yang dapat membantu untuk membuat keputusan yang tepat untuk usaha Anda.

Yuk Bagikan Artikel Ini
Previous post Mau Mulai Bisnis? Cek 5 Hal Penting Agar Sukses
Next post Perry Warjiyo Kembali Terpilih sebagai Ketua Umum ISEI