26 October 2021

Berburu Sate Klatak di Jogja Dijamin Bikin Nagih!

Yuk Bagikan Artikel Ini

KEDAINEWS.COM – Datang ke Jogja kurang lengkap kalau belum cobain Sate Klatak. Jenis sate ini bisa anda nikmati di Sate Pak Pong, yakni tempat makan sate klatak yang paling legendaris seantero nusantara. Pak Pong sendiri berjualan sejak tahun 1997, namun sate Pak Pong bukanlah pionir sate klatak di Jogja.

Sate Klatak merupakan kuliner khas Bantul yang terbuat dari daging kambing muda pilihan. Hampir sama dengan sate kambing pada umumnya, namun yang membedakan sate klatak ditusuk menggunakan jeruji besi. Bumbu utamanya hanya garam, bawang putih, dan merica. Penyajian sate klatak sendiri tidak menggunakan bumbu kecap namun dipadukan dengan kuah gulai tengkleng.

Sate yang ditusuk dengan besi ini memberi citarasa yang berbeda, karena panasnya besi akan membuat bagian dalam daging lebih matang meresap.

Sedangkan penamaan klatak berasal dari bunyi gemretak daging saat dibakar. Dulu bumbu yang digunakan hanya garam, garam yang terkena api inilah yang menghasilkan suara “klatak klatak klatak”.

Anda yang mau membuktikan keempukan sate klatak, bisa langsung menyambangi warung Sate Klatak Pak Pong yang beralamat di Jalan Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menu makanan di Sate Klatak Pak Pong ini harganya mulai dari Rp 25.000 per porsi. Warung makan ini buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 23.30 WIB. Selain mencicipi sate klatak, disini Anda juga bisa merasakan olahan kambing lainnya yaitu tengkleng dan tongseng yang tak kalah lezat.

Meski tempatnya sangat ramai, Anda tak perlu khawatir karena fasilitas disini sangat memadai. Yakni dilengkapi dengan ruangan yang luas, tempat duduk yang nyaman, parkiran yang lega, toilet, serta mushola yang bersih.

 

Alifah Rachmaditya  (Yogyakarta)

Yuk Bagikan Artikel Ini
Previous post Meski Kecil Tapi Nyamuk Bisa Timbulkan Penyakit Hingga Mematikan Manusia
Next post Membuka Usaha Barang Bekas Dijamin Sukses Besar Jika Ikuti Langkah Ini