kedaiNUSANTARA

Black Box Lion Air JT-610 Akhirnya Ditemukan

Kotak hitam atau black box pesawat Lion Air JT-610 berhasil ditemukan di perairan Karawang siang ini. Dansatgas SAR TNI AL Kolonel Laut Iswarto mengatakan saat ditemukan black box dalam kondisi fisik yang utuh. Kotak hitam ditemukan oleh penyelam dari kapal Baruna Jaya I.

“Masih bagus, tinggal tunggu aja ada dokumentasi dan rilis tersendiri,” kata Iswarto kepada wartawan di atas LCU KRI Banda Aceh 593-1, Kamis (1/11).

Iswarto tak merinci lebih jauh soal kondisi atau proses penemuan kotak hitam tersebut. Dia hanya menyatakan setelah ditemukan, kotak hitam akan diserahkan ke pihak berwenang dalam hal ini Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Kotak hitam itu disebut ditemukan penyelam Sertu Hendra. Benda tersebut lantas dimasukkan ke dalam kotak plastik berwarna putih dan tutup berwarna biru, pengambilan black box cukup menyulitkan lantaran ada lumpur dan banyak serpihan pesawat.

Ilustrasi

Setiap penyelam dibekali tali agar tidak terlempar terbawa arus dan sejumlah alat canggih untuk mendeteksi lokasi black box.

Kotak hitam JT-610 sendiri ditemukan berkat alat Remotely Operated Vehicle (ROV) yang dimiliki kapal itu.

Awalnya ROV tersebut menemukan serpihan badan pesawat dan sebuah syal yang diduga milik korban. Petugas kemudian membawa ping locater untuk menangkap sinyal ‘beep’ dari black box. Setelah ditemukan, kotak hitam langsung diangkat dan dibawa kapal Baruna Jaya I.

 

Yuk Bagikan Artikel Ini :

BACA ARTIKEL LAINNYA