13 April 2024

BMKG: Cuaca Ekstrem Berlanjut Hingga Pekan Depan

KEDAINEWS.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem akan terus berlanjut hingga sepekan ke depan. Cuaca ekstrem diprediksi akan terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia.

 

“Potensi cuaca ekstrem masih tersebut masih dapat terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia, karena kondisi atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup kompleks dan dinamis untuk sepekan ke depan, yang dipengaruhi oleh fenomena atmosfer global, regional ataupun lokal,” kata BMKG dalam rilis resminya.

 

Salah satu penyebab cuaca ekstrem berlanjut adalah Siklon Tropis SONCA di sekitar Laut China Selatan sebelah timur Vietnam. Siklon itu memiliki kecepatan angin maksimum di sekitar sistem mencapai 35 knot atau 64 km/jam serta tekanan udara minimum di pusatnya mencapai 998 mb.

 

Siklon Tropis SONCA ini bergerak ke arah barat-barat laut dengan kecepatan 6 knots (10 km/h) memasuki daratan Vietnam. Keberadaan sistem TC SONCA tersebut membentuk pola belokan dan perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktifitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian utara ekuator.

 

“Dampak tidak langsung yang terjadi dari adanya sistem bibit siklon tersebut adalah potensi hujan Sedang-Lebat yang disertai kilat, petir, angin kencang di wilayah Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, dan Kalimantan Barat dengan potensi gelombang tinggi di wilayah perairan utara Indonesia,” kata BMKG.

 

Dari pantauan BMKG, sejumlah wilayah akan mengalami hujan dengan intensitas sedang-lebat. Beberapa di antaranya adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

 

Selain itu ada beberapa daerah yang masuk kategori Siaga pada periode 15-16 Oktober yakni sebagian wilayah Aceh, sebagian wilayah Sumatra Utara, dan Sebagian wilayah Riau.

 

Berikut daftar wilayah yang diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat.

 

1. Aceh

2. Sumatera Utara

3. Riau

4. Jambi

5. Kep. Riau

6. Sumatera Barat

7. Sumatera Selatan

8. Bangka Belitung

9. Bengkulu

10. Lampung

11. Banten

12. Jawa Barat

13. DKI Jakarta

14. Jawa Tengah

15. Jawa Timur

16. Bali

17. Nusa Tenggara Barat

18. Nusa Tenggara Timur

19. Kalimantan Barat

20. Kalimantan Timur

21. Kalimantan Utara

22. Sulawesi Selatan

23. Sulawesi Tenggara

24. Papua

 

 

Previous post Kang Emil Bicara Soal Pemindahan Ibukota Jawa Barat
Next post Mahfud: Momentum Polri Mereformasi Diri