2 July 2022

Cara Lindungi Keluarga di Rumah dari Varian COVID-19 Omicron

KEDAINEWS.COM – Langkah pencegahan infeksi virus Corona varian Omicron sebenarnya tidak sulit. Namun, Anda dianjurkan untuk selalu disiplin dalam menerapkannya. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda dan anggota keluarga lakukan:

1. Memastikan anggota keluarga telah memperoleh vaksin COVID-19

Vaksinasi merupakan langkah efektif untuk menurunkan risiko Anda terinfeksi virus Corona dan mengalami gejala berat COVID-19, termasuk akibat varian Omicron.

Anda dan keluarga disarankan untuk melengkapi dosis vaksin COVID-19 sebanyak 2 kali pemberian agar tubuh mendapatkan perlindungan optimal terhadap infeksi virus Corona.

2. Menerapkan protokol kesehatan

Hal yang juga tak kalah penting dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 adalah menerapkan protokol kesehatan.

Sesuai anjuran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, lakukanlah pencegahan dengan 5M, yaitu mengenakan masker ketika keluar rumah atau sedang sakit, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, mengurangi mobilitas atau bepergian, menghindari kerumunan, serta menjaga jarak fisik dengan orang lain.

Apabila kondisi tidak memungkinkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air, Anda bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol setidaknya 60% untuk menjaga tangan tetap bersih dari kuman, termasuk virus Corona.

3. Memantau kesehatan anggota keluarga secara berkala

Untuk mengetahui apakah Anda dan keluarga terkena COVID-19, termasuk COVID-19 varian Omicron, pantaulah kesehatan secara berkala. Cermati apakah ada yang mengalami gejala COVID-19, seperti demam, lemas, atau batuk.

Anda juga bisa menggunakan termometer, baik termometer air raksa atau digital, untuk mengetahui suhu tubuh dengan lebih akurat.

4. Menjaga jarak dengan anggota keluarga yang sakit

Jagalah jarak dengan orang di rumah yang sedang sakit, terutama batuk pilek atau infeksi, setidaknya sejauh 1 meter.

Jika ada anggota keluarga yang menderita COVID-19 dan melakukan isolasi mandiri di rumah, pastikan penderita selalu berada di ruangan terpisah dari anggota keluarga lain yang sehat. Selain itu, penderita sebaiknya berada di kamar tidur yang memiliki kamar mandi sendiri.