28 November 2021

Check 5 Tempat Wisata Seru di Tasikmalaya

Yuk Bagikan Artikel Ini

KEDAINEWS.COM – Jawa Barat sudah tidak diragukan lagi terkenal akan pesona keindahan alam dan tempat wisatanya. Selain Bandung dan Bogor, Tasikmalaya menjadi salah satu pilihan tujuan wisata yang menarik untuk dijelajahi.

Beragam destinasi yang indah dan memukau dimiliki oleh kota yang dijuluki Mutiara dari Priangan Timur ini. Mulai dari curug (air terjun), danau, gunung, hingga pantai. Berikut sejumlah tempat wisata menarik yang ada di Tasikmalaya.

1. Situ Gede

Satu lagi wisata di Tasikmalaya yang bisa kamu kunjungi adalah Situ Gede yang berlokasi di Kecamatan Mangkubumi, perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis. Wisata ini sudah dikenal di mana pun karena keindahan danaunya.

Uniknya, di tengah-tengah danau, terdapat sebuah pulau kecil. Warga setempat percaya dengan kisah mistis yang ada di danau dan pulau tersebut. Konon, ikan-ikan di danau tersebut muncul kala musim paceklik untuk membantu orang-orang yang membutuhkan bahan makanan.

2. Pantai Karang Tawulan

Jika ingin mencoba menikmati pantainya, kamu bisa memilih Pantai Karang Tawulan untuk dikunjungi. Pantai ini berlokasi di Cimanuk, Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya, Jawa Barat. Beda dari pantai pada umumnya, daya tarik Pantai Karang Tawulan bukan hamparan pasir putih nya, melainkan tebing-tebing terjal tinggi berbalut karang yang eksotis.

Ada banyak spot foto menarik yang ditawarkan wisatawan. Salah satunya yang ada bagian tebing, yang atasnya bisa dinaiki. Di dekat pantai pun tersedia beragam karang yang bisa dijadikan untuk berfoto dengan background pemandangan pantai.

3. Cipatuh

Selain gunung dan pantainya, Tasikmalaya juga memiliki tempat pemandian air panas yang menawarkan relaksasi untuk menyegarkan pikiran. Bisa dibilang tempat wisata ini masih banyak yang belum tahu, sehingga udaranya masih sejuk.

Tak hanya air pancurannya saja yang bisa kamu nikmati, di sini terdapat pula kolam renang air panas berwarna biru yang indah yang tersembunyi di tengah hutan. Warna airnya kebiruan dan tampak jernih, membuat siapa saja ingin langsung cemplung ke area kolam tersebut.

Untuk mencapainya, kamu harus menggunakan jalanan yang cukup sulit, karena aksesnya belum begitu baik. Walaupun terasa jauh, semuanya akan terbayar saat kamu memasuki Kawasan wisata Cipatuh yang menampilkan pesona alam memukau.

4. Curug Dengdeng

Jika berkunjung ke Tasikmalaya jangan lupa untuk mencoba berenang di Curug Dendeng yang berlokasi di Cikatomas, Tawang, Pancatengah, Tasikmalaya, Jawa Barat. Curug ini memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuknya yang lebar dengan air yang mengalir cukup deras.

Keindahan curugnya begitu eksotis, apalagi di sekelilingnya terdapat pepohonan rindang. Hal itu membuat keindahan curug begitu menawan, ditambah udaranya masih sangat sejuk. Cocok untuk kamu yang akan melepas penat di tengah keramaian kota.

5. Kawah Gunung Galunggung

Kawah Gunung Galunggung menjadi destinasi pertama yang sayang untuk dilewatkan buatmu yang kangen asrinya dan sejuknya udara pegunungan. Terletak di Linggajati, Sukaratu, Tasikmalaya, gunung ini merupakan salah satu lokasi favorit bagi wisatawan dan kalangan pendaki.

Selain pemandangannya yang indah, gunung dengan ketinggian 2.167 mdpl ini juga memiliki jalur pendakian yang mudah, lho. Jadi, kamu tidak perlu melakukan pendakian berhari-hari. Salah satu objek terpopuler di wisata ini adalah kawahnya yang memiliki dataran luas dengan danau berwarna kehijauan. Danau tersebut menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Yuk Bagikan Artikel Ini