kedaiBISNIS

Ditjen Pajak, RKB dan Bukalapak Bersinergi Latih UMKM Empat Lawang

KEDAINEWS.COM – Usaha yang baik adalah usaha yang keuangannya terencana dengan baik. Hal tersebut menjadi topik yang disampaikan dalam pelatihan pengusaha UMKM Empat Lawang di Hotel Kito, Kamis (10/10).

Pelatihan tersebut merupakan program Business Development Services KPP Pratama Lahat dan KP2KP Tebingtinggi bekerja sama dengan Rumah Kreatif BUMN Empat Lawang dan Bukalapak. Sekitar 50 pengusaha UMKM Empat Lawang hadir di acara BDS perdana di Empat Lawang tersebut.

Program BDS merupakan usaha yang dilakukan Ditjen Pajak untuk mengembangkan UMKM. Program ini telah dilaksanakan di seluruh Kantor Pajak sejak tahun 2015 secara mandiri maupun bekerjasama dengan pihak lain. BDS kali ini bekerjasama dengan RKB Empat Lawang dan Bukalapak.

“Ini merupakan wujud sinergi beberapa pihak yang ingin UMKM dapat berkembang dan naik kelas,” kata Kepala KPP Pratama Lahat Moersalin Ananda Putra di Empat Lawang.

Ia mengatakan pola sinergi tersebut diperlukan untuk membantu pelaku UMKM untuk bisa memiliki kesiapan dalam berusaha, punya business plan, usaha yang terintegrasi serta paham aturan legalitas.

Keinginan tersebut dipaparkan Mursalin dalam beberapa program, diantaranya business diagnostic, branding, perizinan/legalitas, pembiayaan, pemasaran online, ekspor, pembukuan, dan lain-lain.

Pola sinergi BDS di Empat Lawang tersebut disambut baik oleh BRI sebagai pengampu RKB Empat Lawang. Kepala BRI KCP Tebingtinggi, Helmi Darmaputra mengapresiasi kerjasama dengan Ditjen Pajak dan Bukalapak tersebut.

”BRI siap mendukung melalui RKB Empat Lawang dan memfasilitasi kebutuhan modal UMKM. Diharapkan kerjasama ini dapat berlanjut dengan melibatkan lebih banyak pihak,” ujar Helmi.

Hal tersebut sejalan juga dengan harapan Bupati Empat Lawang yang disampaikan oleh Asisten 3 Kabupaten Empat Lawang Qobal Anthony.

“Semoga program BDS ini dapat berkesinambungan dengan berbagai acara seperti bazar, pameran, studi banding, pelatihan, dan lain-lain. Pelaku UMKM dapat mengembangkan usahanya dan berkontribusi bagi Kabupaten Empat Lawang,” tutupnya.

Yuk Bagikan Artikel Ini :

BACA ARTIKEL LAINNYA