19 March 2024

Dua Pejuang Dari Jawa Timur Memerangi Pandemi COVID-19

KEDAINEWS.COM – Lampu rotator berwarna merah menerangi gelapnya malam di jalanan Depok.

Raungan sirene mobil ambulans yang sayup-sayup terdengar dari kejauhan kini menghilang saat berhenti di Rumah Sakit (RS) Universitas Indonesia.

Pengemudi ambulans dengan cekatan turun dan memberikan aba-aba kepada perawat untuk segera menurunkan pasien terjangkit COVID-19 dan membawanya ke ruang ICU.

“Terima kasih Mba Ika,” ujar salah satu petugas tenaga kesehatan di rumah sakit tersebut dengan buru-buru.

Ika Dewi Maharani adalah wanita asal Ternate, Maluku Utara, yang merupakan salah satu relawan yang mengabdikan dirinya menjadi garda terdepan memerangi pandemi COVID-19.

Dengan latar belakang ilmu perawat lulusan STIKES Hang Tuah Surabaya, Ika tidak hanya membantu tenaga medis, kemampuannya dalam mengemudi membuat dirinya ditugaskan menjadi pengemudi mobil ambulans untuk menangani pasien COVID-19.

“Saya mendengar kabar dari salah satu relawan Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (Hipgabi) bahwa saat ini dibutuhkan relawan medis untuk area Jakarta. Posisi yang dibutuhkan ini khusus untuk perawat yang bisa mengemudikan ambulans. Saya bertekad mengisi posisi yang sangat dibutuhkan itu,” ujar Ika yang juga merupakan penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia 2020 kategori khusus.

Ika mengikuti pencarian relawan yang diadakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana pada 11 April 2020.

Selama masa bertugas, sudah lebih dari puluhan pasien telah dievakuasi oleh ambulans yang dikemudikan Ika. Meski ditugaskan di RS Universitas Indonesia, Ika tidak hanya mengevakuasi dan merawat pasien rujukan di wilayah Depok, tetapi juga di wilayah Jabodetabek.

Menurut salah satu juri SATU Indonesia Awards 2020, Prof. Emil Salim, Dosen Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Indonesia, Ika adalah sosok yang lugu.

Dia mengisi waktu lowong dengan menggunakan ilmu keperawatannya dan mengemudikan ambulans untuk menangani krisis bangsa. “Sikap itu adalah karakter anak bangsa Indonesia yang terpuji sebagai pejuang tanpa pamrih.”

Hingga saat ini Ika masih bertekad dalam melayani pasien dalam situasi apapun dan memberikan pelayanan yang terbaik.

“Saya berharap pandemi ini agar cepat berakhir dan dapat mempertemukan kembali dengan orang tua serta anak tunggal saya, Yura. Bukankah kita semua rindu menikmati udara bebas tanpa menggunakan masker dan dapat bersosialisasi,” ujar perawat yang saat ini berdomisili di Surabaya, Jawa Timur.

Penggawa Desa Mandiri

Mirip dengan pengabdian Ika dalam memerangi pandemi, Kepala Desa asal Ketapan Rame Zainul Arifin di tengah pandemi COVID-19 juga mengabdikan dirinya untuk mewujudkan desa mandiri melalui Desa Sejahtera Astra (DSA) Ketapan Rame, di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Melalui Taman Ghanjaran, Zainul, sosok yang mengepalai tiga desa, yaitu Desa Ketapan Rame, Desa Sukorame, dan Desa Slepi, mampu merangkul para warga untuk terlibat dalam mewujudkan desa mandiri.

“Taman Ghanjaran ini dipercaya dapat mengembangkan wilayah Ketapan Rame agar menjadi desa mandiri. Bagaimana caranya? saya mengenalkan cara investasi kepada 1.879 kepala keluarga untuk menjadi pemilik wahana,” ujar Zainul.

Sejak dibukanya Taman Ghanjaran pada Desember 2019, Zainul menawarkan para warga dengan cara membeli saham senilai Rp1 juta per lembar.

Setelah melewati penjelasan panjang, pada Februari 2020 terkumpulah 448 kepala keluarga yang terdaftar sebagai pemegang saham Taman Ghanjaran dan mampu mengumpulkan modal sebesar Rp3,8 miliar. Dana tersebut digunakan untuk mendirikan wahana bermain serta kuliner.

Meski tidak mudah karena tempat wisata terpaksa ditutup akibat pandemi COVID- 19, para warga sempat mengalami kebingungan karena tidak dapat mengakses tempat wisata Taman Ghanjaran. Akhirnya tempat wisata tersebut kembali beroperasi pada bulan Agustus 2020 dengan mengikuti berbagai aturan protokol kesehatan.

Selama masa menunggu aturan baru dari pemerintah, para warga hanya mengandalkan pemasukan dari sumber air mineral yang termasuk salah satu potensi alam DSA Ketapan Rame.

Tenaga desa yang dulunya membawa penghasilan Rp30 juta pertahun, kini secara perlahan mengalami peningkatan sekitar Rp2 miliar pada tahun 2020.

Aksi yang dilakukan Zainul mendapat apresiasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur sebagai BUMDes berprestasi nomor satu dan menjadi DSA Terbaik tahun 2020 oleh Astra dalam acara KBANOVATIONS.

Pengabdian Ika dan Zainul sebagai motor penggerak kemajuan bangsa, sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.

Previous post All New Honda CBR150R Hadir di Sumatera Selatan
Next post KBI Raih Penghargaan “Sustainability ; Small Medium Enterprise Development”