kedaiNUSANTARA

Festival Kampung Berseri Astra & Desa Sejahtera Astra, Desa Berinovasi Siap Majukan Indonesia

KEDAINEWS.COM – Pandemi COVID-19 tidak hanya mempengaruhi berbagai sektor usaha, tetapi juga berdampak terhadap jumlah tenaga kerja dan tingkat pengangguran terbuka di Indonesia.

Menurut data yang dipublikasi oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2020, dari jumlah angkatan kerja di Indonesia mencapai 138,22 juta orang, sebanyak 9,77 juta orang adalah pengangguran.

Jika dibandingkan dengan posisi Agustus 2019 yang mencapai 7,10 juta orang, jumlah pengangguran pada Agustus 2020 meningkat 37,61 persen.

“Melalui program kami, Astra dapat meningkatkan tenaga kerja baru lebih dari 11.000 orang, dan meningkatkan pendapatan masyarakat yang terlibat lebih dari 36 persen,” kata Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah di Jakarta, Sabtu (5/12).

Pencapaian tersebut, tambah Dia, merupakan kolaborasi hebat antara pemerintah, swasta, universitas, dan stakeholders lainnya, dan tak kalah penting adalah tokoh penggerak wilayah masing- masing.

Peningkatan jumlah tenaga kerja baru tersebut diharapkan dapat berkontribusi membantu mengurangi jumlah pengangguran di seluruh Indonesia.

Astra melalui program kontribusi sosial berkelanjutan, yakni Kampung Berseri Astra (KBA) dan Desa Sejahtera Astra (DSA), senantiasa melakukan pengembangan masyarakat di pedesaan untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

Hingga saat ini Astra telah membina 116 KBA dan 755 DSA di 34 Provinsi Indonesia.

KBA merupakan suatu daerah dengan lingkungan bersih, hijau dan dihuni oleh masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif.

Hal tersebut mencerminkan empat pilar kontribusi sosial Astra berkelanjutan yakni kesehatan, pendidikan, kewirausahaan, dan lingkungan yang dapat menjadikan kampung tersebut menjadi wilayah mandiri.

Pada tahun 2018, Grup Astra bersama Yayasan Astra melengkapi program KBA dengan program DSA.

Program ini lebih memfokuskan pada pengembangan ekonomi desa. Dengan berupaya memberikan nilai tambah, melalui pelatihan, pendampingan, bantuan prasarana, permodalan, dan pencarian offtaker pada produk unggulan kawasan pedesaan.

Yuk Bagikan Artikel Ini :

BACA ARTIKEL LAINNYA