kedaiSTYLE

Hemat dari Sekarang, Simak Tips Menabung di Tengah Pandemi

KEDAINEWS.COM – Di tengah pandemi Covid-19 yang hingga kini belum berakhir, kita dituntut untuk lebih menyiasati kondisi finansial.

Ketidakpastian ekonomi karena pandemi Covid-19 memang dapat berpengaruh terhadap kondisi keuangan, termasuk tabungan yang kamu miliki. Tapi, jangan sampai jumlahnya terus menyusut walaupun pendapatanmu berkurang ya. Tabungan sangat penting untuk memastikan situasi finansialmu tetap aman walaupun pengeluaranmu meningkat karena satu dan lain hal.

Berikut beberapa tips menabung yang bisa kamu praktikkan di situasi saat ini.

1. Langsung Sisihkan sebagian pendapatan

Tips menabung yang satu ini bisa dibilang formula lama. Meski begitu, ini masih berlaku meskipun situasi sekarang berbeda. Sekecil apapun penghasilan kamu sekarang, usahakan langsung menyisihkan setidaknya 10 persen untuk ditabung. Barulah 90 persen lainnya kamu pilah-pilah untuk membayar tagihan rutin, kebutuhan sehari-hari, dan investasi jika memungkinkan. 

Tapi, persentase uang yang kamu sisihkan untuk ditabung sebenarnya tidak harus 10 persen, loh! Kamu bisa menyesuaikannya dengan kemampuan dan pendapatan kamu. Meskipun, memang lebih baik kalau porsinya lebih besar dari 10 persen. 

Yang jelas, menabung harus dilakukan secara disiplin dan rutin. Dengan menerapkan hal ini, kamu bisa memastikan tabunganmu tetap terisi dan tidak terganggu kebutuhan lain. Lebih baik lagi kalau kamu memiliki rekening terpisah, supaya tabunganmu benar-benar tidak diganggu gugat. 

Tabungan juga berbeda dengan dana darurat, walaupun tabungan bisa digunakan pula untuk kondisi darurat. Tapi, sebaiknya alokasi dana darurat dilakukan secara terpisah dari tabungan supaya kamu memiliki dana cadangan yang lebih besar jika ada situasi finansial yang tidak menguntungkan. 

2. Buat anggaran

Ilustrasi Menabung (ist)

Setelah menyisihkan tabungan, catat semua kebutuhan kamu selama beberapa waktu ke depan, bisa selama sebulan atau bahkan setahun. Dengan demikian, kamu bisa memilah dengan lebih baik apa saja yang menjadi prioritas. Kamu juga akan lebih leluasa menyeimbangkan pengeluaran dan target tabungan. 

Buat anggaranmu sedetail mungkin supaya semua jenis pengeluaran bisa diketahui. Siapa tahu ternyata ada sisa pengeluaran yang bisa kamu masukkan lagi ke pos tabungan atau bahkan investasi.

Dalam pos tagihan, pastikan semua jenis tagihan dan cicilan yang harus dibayar sudah kamu masukkan. Lalai memasukkan satu cicilan saja dapat berpengaruh, bukan hanya ke anggaran yang sudah kamu buat tapi juga mentalitasmu dalam disiplin membayar ke depannya. 

Kalau kamu sudah memiliki pasangan, ada baiknya beri tahu juga pasanganmu tentang anggaran yang sudah kamu buat. Jadi, dia bisa membantumu mematuhi anggaran tersebut dan ikut menyesuaikan pengeluarannya. Apalagi, kalau kalian mempunyai rekening bersama. 

3. Lebih rajin memasak

Bagi yang tidak pernah memasak, kegiatan ini bisa menjadi sesuatu yang menakutkan ketika pertama kali dilakukan. Tapi percayalah, lebih rajin memasak sendiri di rumah dapat membuatmu menjadi lebih hemat. Tidak salah jika memasak seringkali diasosiasikan sebagai salah satu surviving skill alias kemampuan bertahan hidup.

Dengan terbatasnya aktivitas luar ruang seiring kebijakan work from home (WFH) dan school from home (SFH), bujet makan siang dan makan malam di luar rumah bisa kamu alihkan ke anggaran belanja. Jangan heran kalau ternyata bujet makan di luar kamu untuk sepekan bisa digunakan untuk berbelanja bahan makanan yang cukup untuk sebulan. 

Selain menjadi lebih hemat, siapa tahu kamu menemukan hobi atau bahkan keterampilan memasak yang tidak kamu ketahui selama ini?

4. Carpool

Carpooling adalah menebeng orang lain yang memiliki kendaraan pribadi. Untuk kamu yang masih harus bekerja langsung dari kantor atau mau tak mau mesti beraktivitas di luar rumah tapi tak punya kendaraan pribadi, menebeng orang lain bisa jadi pilihan. Jadi, kamu dapat menghindari menggunakan kendaraan umum untuk mencapai tujuan sekaligus berhemat. 

Tentu saja untuk menjamin kesehatan dan keamanan, akan lebih baik kalau aktivitas menebeng ini dilakukan dengan orang yang sudah kamu kenal betul. Misalnya, rekan kerja, teman, tetangga, atau keluarga yang rumah maupun kantornya searah denganmu. 

Tapi, menebeng tentu tidak berarti gratis. Kamu bisa memberi uang bensin atau uang parkir sesuai kesepakatan. 

Atau, kalau jarak tempat tinggal dan kantormu tidak terlalu jauh, kamu bisa mencoba menggunakan sepeda atau berjalan kaki. Selain bisa berhemat, tubuhmu pastinya menjadi lebih sehat.

5. Lunasi utang

Selain memisahkan penghasilan untuk tabungan dan keperluan sehari-hari, sebisa mungkin sisihkan juga anggaran untuk melunasi utang-utangmu. Jika memungkinkan, lunasi dulu semua utang sebelum kamu membuat anggaran keuangan jangka panjang. Jangan sampai utangmu memiliki bunga yang beranak pinak, sehingga menambah beban finansial untuk jangka panjang.

Kondisi pandemi sekarang memang dapat membuatmu bimbang apakah menetapkan porsi tabungan yang lebih besar atau menguranginya supaya bisa melunasi utang terlebih dulu. Untuk itu, hitung baik-baik berapa besar utang yang bisa kamu lunasi saat ini dan lunasilah sebisa mungkin. Jika tidak semua utang bisa dilunasi, maka buatlah perhitungan dan target berapa lama utang itu dapat kamu lunasi seluruhnya.

Utang kartu kredit termasuk di dalam kategori ini. Kalau kamu memang membutuhkan kartu kredit untuk memudahkan transaksi, ada baiknya untuk tidak memiliki terlalu banyak kartu demi menghindari utang yang lebih besar.

6. Disiplin

Tips menabung terakhir ini sangat penting untuk diterapkan, terlebih dalam situasi pandemi karena tidak ada yang tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Disiplinlah dalam menabung, menetapkan anggaran, dan melunasi utangmu sedikit demi sedikit. Tanpa disiplin, tabunganmu tidak akan bertambah dan bisa jadi justru berkurang.

Apakah enam tips menabung di tengah pandemi ini bisa membantumu? Pandemi Covid-19 memang memunculkan kekhawatiran karena tidak ada yang tahu kapan akan berakhir. Tapi, kondisi ini justru bisa menjadi pelecut untuk mulai disiplin menabung, bukan? Yuk, mulai dari sekarang.

Yuk Bagikan Artikel Ini :

BACA ARTIKEL LAINNYA