23 April 2024

Ini 5 Manfaat Kentut untuk Kesehatan, Nomor 5 Bikin Lega!

KEDAINEWS.COM – Bayangkan Anda sedang duduk dalam sebuah rapat penting dan tiba-tiba merasa ingin buang angin. Apakah Anda akan membuangnya saat itu juga atau mencoba menahannya? Apapun yang Anda lakukan mungkin tergantung pada situasi saat itu. Tapi tahukah Anda bahwa kentut atau buang angin sebenarnya memiliki beberapa manfaat kesehatan?

Perlu diketahui, buang gas adalah fungsi alami tubuh. Menurut WebMD, gas adalah hasil samping normal dari proses pencernaan saat perut dan usus memecah makanan menjadi nutrisi. Semua orang akan membuang gas untuk kesehatan pencernaan mereka. Berikut 5 manfaat kentut atau buang angin bagi kesehatan.

 

1. Mengurangi perut kembung

Perut kembung bisa ditandai dengan seringnya buang gas. Pembentukan gas yang tertahan di lambung bisa berubah menajdi kentut. Disarankan saat perut kembung tetap buang gas dnegan normal. Jangan ditahan karena bisa mengganggu fungsi pencernaan yang tidak nyaman.

 

2.Membantu Menyeimbangkan Diet

Kita semua perlu makan makanan yang sehat dan seimbang, tapi terkadang “disiplin” bisa menjadi tantangannya. Perut kembung benar-benar dapat membantu agar Anda tetap pada jalur makan yang sehat dan seimbang.

Misalnya, jika Anda jarang merasa ingin buang angin. Mungkin Anda perlu lebih banyak serat dalam makanan. Sumber serat yang baik termasuk lentil, kacang lima, brokoli, artichoke, raspberry, kacang polong, alpukat, blackberry, pasta gandum utuh, dan pir. Serat cukup dalam makanan sehari-hari juga dapat membantu Anda terhindar dari sembelit. Serat mampu membuat kotoran menjadi lebih lembut dan lebih berat, sehingga memungkinkannya bergerak lebih mudah melalui saluran pencernaan.

Makan daging merah terlalu banyak bisa membuat bau kentut Anda sangat tidak enak. Jadi, jika Anda merasa bau kentut Anda sangat bau, itu artinya Anda perlu mengurangi jumlah konsumsi daging merah dalam makanan.

 

3.Mendeteksi alergi makanan

Mungkin terdengar mengejutkan, tapi kentut bisa menentukan adanya alergi makanan di tubuh kita. Alergi seperti penyakit celiac dan intoleransi laktosa, yang meningkatkan frekuensi kembung. Jika secara tidak sengaja Anda mengonsumsi makanan seperti pemicu alergi, mungkin akan sering kentut dengan frekuensi yang tidak wajar.

 

4.Bagus untuk Kesehatan Usus Besar

Menyimpan sesuatu terlalu lama tidak baik untuk kesehatan. Menurut Majalah Kesehatan Wanita, meski tidak berbahaya ketika menahan buang angin, namun jika sebelumnya Anda memiliki masalah pencernaan, maka menahan buang angin berpotensi menyebabkan masalah pada usus besar.

 

5.Melegakan diri

Meskipun memalukan, buang angin adalah hal yang sangat melegakan. Menahan buang angin bisa membuat seseorang menjadi pemarah dan merasa tidak nyaman. Anda mungkin akan membentak pasangan atau rekan kerja Anda, atau menggerutu pada beberapa orang saat Anda sedang berusaha menahan angin. Tidakkah lebih baik Anda tetap buang angin dan malu? Memang, mungkin Anda tidak dapat selalu membuang angin pada kondisi tertentu, namun jika sekali-kali Anda lakukan itu, maka hal tersebut dapat menyebabkan suasana hati menjadi lebih baik.

Previous post Ini Deretan Produk Asli Indonesia yang Dikira Merek Luar Negeri
Next post Makan Daging Anjing, Bisa Sebabkan Kematian!