13 April 2024

Ini Cara Menghemat Biaya Servis Motor

KEDAINEWS.COM – Motor hingga saat ini masih dinilai banyak penduduk Indonesia sebagai alat transportasi murah dan efesien. Selain bisa menghemat budget apalagi saat gembar gembor resesi ekonomi di 2023 mendatang, anda juga bisa perlahan belajar mengotak atik motor saat akhir pekan.

1.Filter Udara
Karena fungsinya menyaring udara yang masuk ke karburator, dalam jangka waktu tertentu perangkat ini bisa kotor tertutup debu. Bila itu sudah terjadi, untuk filter yang model sponge atau kertas bisa langsung dibersihkan.

Membersihkannya tergantung dari bahan. Bila busa, tinggal celup dalam bensin lalu dikeringkan dengan cara memerasnya. Lakukan beberapa kali sampai dirasa benar-benar bersih.

2. Karburator
Dari tangki, bensin kemudian disalurkan ke karburator. Dari perangkat ini, kemudian uap bensin terisap masuk ke ruang bakar. Nah agar suplai bahan bakar ke ruang bakar enggak tersendat, maka karburator harus dibersihkan secara berkala.

3. Ruang Bakar
Akibat dari proses pembakaran, biasanya ruang bakar akan ada penumpukan kerak. Terutama pada kubah kepala silinder. Dulu, untuk membersihkannya, harus membongkarnya.

Tapi sekarang dapat dilakukan sendiri oleh pengguna motor pemula sekalipun. Caranya menyemprotkan cairan engine conditioner ke dalam ruang bakar.

4. Busi
Sama dengan ruang bakar, karena proses pembakaran terjadi kerak yang menempel pada kepala busi. Caranya bersihkan bagian tersebut (elektrode bagian samping dan tengah) dengan ampelas atau bisa juga dengan sikat kawat.

5. Rantai
Kendor, kering dan berdebu, membuat kinerja perangkat penghubung gerak roda belakang ini akan kurang maksimal. 

Previous post Ternyata Ini 4 Obat Ampuh Hindari Penyakit Jelang 2023
Next post Komedo Bisa Hilang Dengan Bahan Alami Terbukti Ampuh