kedaiNUSANTARA

Lebaran Tahun ini Silaturahmi Lewat Medsos?

KEDAINEWS.COM – Menteri Agama RI Fachrul Razi meminta umat Islam agar tetap berada di rumah saat merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah. Ia juga meminta agar tidak ada kunjungan atau terima tamu dalam rangka silaturahmi saat lebaran.

Fachrul mengatakan hal itu harus dijalani semua warga untuk mencegah penularan Covid-19. Sebab, banyak oramg yang terpapar namun tidak memiliki gejala atau disebut orang tanpa gejala (OTG).

“Saya Menteri Agama juga menyarankan supaya berlebaran di rumah saja bersama keluarga inti. Tidak usah ke mana-mana dan juga tidak usah menerima tamu karena kembali kita tidak jelas tamu yang datang mungkin membawa virus karena memang banyak orang sekarang tanpa gejala,” tutur Fachrul dalam siaran langsung di YouTube BNPB Indonesia, Kamis (21/5/2020).

Sebagai gantinya, ia menyarankan agar silaturahmi serta kegiatan lebaran lainnya untuk saling bermaafan dapat dilakukan melalui media sosial. Menurutnya inti dari bersilaturahmi bukan hanya persoalam kedekatan fisik, melainkan juga kedekatan batin.

“Silaturahmi dapat kita lakukan dengan melalui medsos saja. Banyak sekali medsos yang tersedia sekarang, contoh melalui HP pun kita bisa, HP kita tinggal setelkan saja ke videocall kita sudah bisa berkomunikasi dengan teman-teman, saudara-saudara di manapun dia berada,” ujar Fachrul.

“Di situ kita bisa saling bermaaf-maafan. Karena memang bermaafan itu atau silaturahmi kan tidak harus ketemu fisik. Silaturahmi terjadi bukan karena kedekatan fisik tetapi karena kedekatan batin kedekatan hati,” kata dia.

Sebelumnya, Fachrul meminta masyarakat terutama umat Islam agar tetap bergembira dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah meski di tengah pandemi Covid-19.

Yuk Bagikan Artikel Ini :

BACA ARTIKEL LAINNYA