26 October 2021

Menyimpan Makanan Bisa Tanpa Kulkas

Yuk Bagikan Artikel Ini

KEDAINEWS.COM – Untuk kamu traveler yang berpergian ala backpacker menyimpan bahan makanan agar tetap layak konsumsi jelas menjadi hal penting. Apalagi kamu perlu konsumsi makanan meski dalam perjalanan seperti mendaki gunung atau menjelajah alam.

Nah berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan bahan makanan tanpa harus menggunakan kulkas.

1. Mangkuk berisi air atau air es

Tips pertama untuk menyimpan bahan makanan tanpa kulkas adalah dengan menaruhnya di dalam mangkuk berisi air. Salah satu jenis makanan yang bisa kamu simpan dengan cara seperti ini adalah sayuran. Tapi kamu harus tetap mengonsumsinya dalam beberapa hari ke depan karena kesegaran sayuran tidak akan bertahan lama walaupun dengan cara ini. Akan lebih baik jika kamu menemukan batu es yang bisa membuat kulkas portabel bagi makananmu sehingga jauh lebih bertahan lama.

2. Udara sebagai penyimpanan

Untuk kamu yang traveling ke daerah dataran tinggi maka kamu jelas lebih bersyukur karena udara sudah dapat menjadi kulkas alam. Kamu juga bisa meletakkan makanan dalam wadah tertutup kemudian diletakkan di dekat jendela kamar penginapan di malam hari sehingga nanti kesegarannya bisa tetap terjaga.

3. Metode pengeringan

Sejumlah jenis makanan juga bisa dijemur dibawah sinar matahari. Cara ini dapat digunakan sebagai cara terbaik untuk mengawetkan makanan. Dengan menerapkan metode ini sebagai cara mengawetkan makanan, tanpa kulkas untuk anak kos masih bisa bertahan hidup dengan bahan makanan terkait. Metode pengawetan ini lebih tepat jika diterapkan pada daging dan ikan bukan pada buah dan sayuran.

4. Pengasapan

Khususnya bagi anda yang tinggal di pesisir tentu cara ini merupakan cara yang sangat familiar untuk Anda. Ikan dan hasil laut yang lainnya sangat umum diawetkan dengan cara diasap. Pengasapan dengan cara tradisional dalam waktu yang lama juga dapat membuat makanan tertentu layak dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama.

5. Ice Box

Ice Box atau kotak es memang sudah banyak dijual saat ini. Tak ada salahnya kamu membeli kotak es ukuran kecil jika sangat memerlukannya selama perjalanan kamu. Tentunya dengan membawa kotak es jelas akan menambah beban lebih berat untuk kamu bawa traveling.

Yuk Bagikan Artikel Ini
Previous post Ingin Punya Pantat Indah? Lakukan Hal Ini
Next post Youtuber Indonesia Sudah Menikah Tapi Tidak Mau Punya Anak, Alasannya?