21 September 2021

Meski Kecil Tapi Nyamuk Bisa Timbulkan Penyakit Hingga Mematikan Manusia

Yuk Bagikan Artikel Ini

KEDAINEWS.COM – Nyamuk adalah salah satu spesies serangga yang sering kita temui, hewan dengan ukuran 3-6 mm dan berat hanya 5g ini dibalik badan kecilnya ternyata dapat menyebabkan penyakit yang cukup serius hanya dengan melalui gigitannya.

Uniknya, hari ini tanggal 20 Agustus kemarin diperingati sebagai hari Nyamuk sedunia, hari yang tidak banyak diketahui orang ini ternyata sudah diperkenalkan pada tahun 1987 loh.

Mari kita simak apa aja sih penyakit yang ditimbulkan oleh si kecil ini

1. Demam berdarah

Penyakit ini sudah cukup familiar di Indonesia. Demam berdarah ditularkan melalui nyamuk jenis Aedes Aegypty. Gejala yang diakibatkan oleh nyamuk ini ialah demam, ruam, sakit kepala, gusi berdarah dan mudah memar. Menurut World Health Organization (WHO), ada sekitar 100-400 juta orang yang terinfeksi demam berdarah setiap tahunnya.

2. Malaria

Penyakit yang ditularkan oleh nyamuk jenis Anopheles betina ini sudah merenggut 228 juta jiwa diseluruh dunia pada tahun 2018.Penyakit ini rentan menyerang ke anak-anak dibawah usia 5 tahun. Gejala yang bisa dikenali adalah demam, sakit kepala, kedinginan, anemia, gangguan pernafasan bahkan sampai berujung kematian.

3. Chikungunya

Chikungunya adalah infeksi virus yang ditandai dengan serangan demam dan nyeri sendi secara mendadak. Virus ini menyerang dan menulari manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus, dua jenis nyamuk yang juga dikenal sebagai penyebab demam berdarah. Gejala muncul ialah, Demam dan nyeri sendi datang tiba-tiba, Nyeri otot, sakit kepala, kelelahan, dan ruam.

4. Zika

Virus Zika ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Spesies nyamuk yang sama dengan spesies nyamuk yang menularkan demam berdarah dan chikungunya.Nyamuk ini aktif di siang hari dan hidup serta berkembang biak di area yang terdapat genangan air. Proses penularan bermula ketika nyamuk mengisap darah dari seseorang yang telah terinfeksi, lalu menularkan virus ini ke orang lain melalui gigitan. Gejala berupa demam, ruam, nyeri sendi, dan mata merah.

5. Demam kuning (Yellow fever)

Penyakit ini biasanya dibawa dan ditularkan oleh gigitan nyamuk Aedes atau Haemagogus. Biasanya, orang yang terkena demam kuning akan merasakan demam, sakit kepala, dan nyeri otot. Sesuai dengan kata “kuning” pada nama penyakit ini, lama-lama infeksi akan menyebabkan kulit berubah warna kuning dan beberapa organ tubuh gagal berfungsi setelah Anda digigit nyamuk.

Muhammad Ridho Maulana (Samarinda, Kalimantan Timur)

Yuk Bagikan Artikel Ini
Previous post Elon Musk Ciptakan Robot, Apa Dampaknya?
Next post Berburu Sate Klatak di Jogja Dijamin Bikin Nagih!