2 July 2022

Minyak Goreng Malaysia Cuma 8000an Murah Banget!

KEDAINEWS.COM – Sebelum kebijakan HET dicabut minyak goreng kemasan langka di pasaran, khususnya ritel modern. Namun, setelah kebijakan ini resmi ditiadakan, produk minyak goreng kemasan mulai mengisi penuh rak-rak layaknya sulap. Tapi, bedanya harga menjadi mahal dibanding sebelumnya. Sebelum ribut-ribut soal minyak goreng, harga perliter migor dalam kemasan berkisar 20 ribu, namun justru setelah pemerintah ‘menyerah’ dengan membiarkan harga pasar maka saat ini perliter migor dijual 24 ribu dalam kemasan.

Sementara, jika dibandingkan dengan negara tetangga Malaysia, yang juga merupakan produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Sama halnya dengan Indonesia, Pemerintah negeri Jiran juga memberlakukan HET untuk minyak goreng, bedanya lebih murah.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Perdagangan Dalam Negeri dan Halehwal Pengguna (KPDNHEP), Sabtu (19/3/2022), Pemerintah Malaysia menetapkan harga minyak goreng kemasan sederhana adalah sebesar Ringgit Malaysia (RM) 2,5 atau setara dengan Rp 8.500 (kurs Rp 3.400) per kilogram.

Perlu diketahui, di pasar Malaysia, minyak goreng dijual dalam ukuran kilogram, bukan liter sebagaimana yang dipakai pelaku ritel di Indonesia. Dengan perhitungan masa jenis minyak goreng, maka 1 liter minyak goreng berkisar 0,9 kg.