21 September 2021

Nikmatnya Pempek Khas Palembang

Yuk Bagikan Artikel Ini

KEDAINEWS.COM – Siapa yang tak kenal Pempek, makanan khas asli Palembang Sumatera Selatan. Namun ternyata tidak hanya satu model pempek saja loh, ada beragam pempek dengan berbagai bentuk. Berikut diantaranya;

1. Pempek Keriting

Dari segi bentuk, pempek Keriting memiliki bentuk yang unik. Seperti bentuk otak. Tekstur pempek Keriting juga lebih lembut dan biasa disajikan dalam keadaan direbus saja. Namun, beberapa orang suka menyajikan pempek Keriting yang digoreng. Jika digoreng, jenis pempek satu ini menjadi garing. Apapun penyajiannya, semuanya tetap enak.

2. Pempek Panggang

Nggak hanya direbus ataupun digoreng, jenis pempek ada juga yang dipanggang. Pempek Panggang memiliki bagian tekstur luar yang sedikit lebih alot namun bagian tengah yang sangat lunak. Pempek panggan disajikan dengan cara dibelah dan diberikan ebi (udang kering), kecap manis, dan juga cabe ijo.

3. Pempek Lenggang

Jenis pempek lenggang juga dibuat dengan proses dipanggang diatas mangkuk yang dibuat dari daun pisang. Pempek lenggang merupakan potongan pempek yang dipanggang bersama telur. Namun, kini orang banyak juga yang membuat pempek lenggang dengan cara digoreng seperti membuat telur dadar. Tentunya pempek satu ini memiliki rasa yang sangat gurih.

4. Pempek Kulit Krispi

Untuk yang menyukai tekstur renyah, maka jenis pempek satu ini pilihan yang tepat. Pempek kulit ‘krispi’ dibuat dari daging ikan bagian kulit yang dibuat pipih dan digoreng hingga garing.

5. Pempek Kapal Selam

Membicarakan macam-macam jenis pempek Palembang, tak lengkap jika tak memasukkan jenis pempek kapal selam yang sangat populer ini. Berisi telur, jenis pempek satu ini ada yang disajikan dalam ukuran besar, ada pula yang disajikan dalam ukuran yang lebih kecil.

Yuk Bagikan Artikel Ini
Previous post Memilih Speaker Bluetooth, Nyaring Saja Tak Cukup!
Next post Astra Bantu Revitalisasi & Pendampingan SMK di Surakarta