26 October 2021

Pentingnya Konsumsi Vitamin C, Vitamin D, dan Zinc Untuk Imunitas

Yuk Bagikan Artikel Ini

KEDAINEWS.COM – Di tengah pandemi COVID-19, sistem imun harus selalu dijaga. Nah, salah satu cara untuk meningkatkan imunitas adalah dengan mengonsumsi vitamin C, vitamin D, dan zinc. Selain melindungi tubuh dari serangan virus, ketiga nutrisi ini juga dapat mempercepat masa pemulihan bagi penderita COVID-19.

Vitamin C, vitamin D, dan zinc merupakan tiga jenis nutrisi yang dipercaya dapat memperkuat daya tahan tubuh. Berikut ini adalah penjelasan seputar ketiga nutrisi tersebut:

1. Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang dipercaya dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan imunitas. Jenis vitamin ini juga diberikan sebagai salah satu pengobatan untuk pasien COVID-19 yang menjalani isolasi dan perawatan di rumah sakit.

Pemberian vitamin C dosis tinggi melalui infus juga diberikan kepada pasien COVID-19 bergejala sedang hingga berat untuk meningkatkan fungsi paru-paru, meskipun memang belum ada penelitian yang menghubungkan konsumsi suplemen vitamin C dosis tinggi dengan penyembuhan COVID-19.

2. Vitamin D

Vitamin D juga sering kali disarankan untuk dikonsumsi oleh orang yang terinfeksi virus Corona. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin D dinilai dapat melindungi saluran pernapasan dari infeksi.

Vitamin ini juga diduga dapat mempercepat penyembuhan dan menghentikan peradangan dalam sistem pernapasan pada pasien COVID-19. Tak hanya itu, mengonsumsi suplemen vitamin D dipercaya mampu mengurangi risiko kematian pada pasien COVID-19 yang berusia lanjut.

3. Zinc

Selain vitamin C dan vitamin D, zinc juga dipercaya dapat meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh. Mineral yang satu ini bekerja dengan cara menghalau masuknya virus, bakteri, jamur, atau penyebab penyakit lainnya ke dalam tubuh.

Tak hanya itu, zinc juga memiliki sifat antivirus. Mineral ini dapat meningkatkan kerja sel-sel imun dalam melawan virus dan menekan kemampuan virus untuk memperbanyak diri. Konsumsi vitamin C dan zinc secara bersamaan bahkan dapat mengurangi lamanya sakit dan tingkat keparahan penyakit, misalnya pada penyakit pilek.

Yuk Bagikan Artikel Ini
Previous post Kerennya Spesifikasi iPhone 13 dan iPhone 13 Mini
Next post Nilai Transaksi Pasar Fisik Timah dalam Negeri Raih Lebih dari 0,5 Triliun