4 March 2024

Review Film: One Cut of the Dead

KEDAINEWS.COM – Bosan dengan film zombie yang gitu-gitu aja? Saatnya merapat dan menyaksikan film komedi horor One Cut of the Dead karya Shin’ichirô Ueda. Film zombie asal Jepang ini hadir juga lho dalam Japanese Film Fest 2018.

One Cut of the Dead menceritakan sekelompok movie maker yang sedang membuat film zombie di sebuah gedung tua. Gedung ini bukan gedung biasa, ada cerita yang mengatakan bahwa sebelumnya gedung tersebut digunakan militer Jepang untuk percobaan membangkitkan mayat hidup.

Hingga kemudian zombie sungguhan datang dan meneror para aktor yang ada di gedung tua tersebut. Bagaimana pun caranya sang sutradara tetap melakukan syuting, walau nyawa mereka semua jadi ancaman?

Sebuah Zombie-ception Penuh Canda Tawa

Di awal film kita akan melihat proses syuting zombie yang menjadi kacau saat zombie yang asli datang, syuting ini pun diambil secara one take. Selama 37 menit kita akan menyaksikan film dengan kamera goyang.

Dalam 37 menit kita akan menyaksikan kejanggalan dari para pemain, mulai dari pemain yang tiba-tiba hening, skrip yang tidak masuk akal hingga suara-suara aneh. Namun berkat itu, One Cut of the Dead berhasil membuat penonton tertawa terpingkal-pingkal.

Di film tersebut, ternyata adalah ide dari Higurashi, sutradara Jepang yang mendapatkan proyek dari stasiun TV membuat film secara live dan pengambilan gambarnya harus one take. Jadi ibarat, di dalam film zombie, ada film zombie.

Bagian kedua film kita diajak flashback satu bulan yang lalu di mana Higurashi (Takayuki Hamatsu) menciptakan film zombie ini. Mulai dari pemilihan cast, proses reading, latihan untuk adegan zombie hingga jawaban dari film yang berdurasi 37 menit.

Menengok Perjuangan Sang Sutradara dan Para Crew

Selain jalan cerita zombie yang tidak biasa, film ini didukung dengan penampilan para cast yang solid. Mulai dari Takayuki Hamatsum yang berperan sebagai sosok sutradara yang sabar dan merasa mengecewakan anaknya karena melupakan idealisme. Hingga akhirnya ia pun meluapkan semuanya ke dalam film zombie ini.

Kemudian ada akting dari Harumi Shuhama yang patut dipuji. Perannya sebagai istri sutradara yang bosan di rumah karena tidak lagi berakting, hingga mendapatkan peran di film zombie itu sebagai Nao. Nao alias Harumi mencuri perhatian saat mengajarkan pertahanan diri dengan suara pom dan lepas kendali menendang para cast.

Tak hanya itu, pemeran utama film zombie ini Yuzuki Akiyama memerankan Chinatsu dan Kazuaki Nagaya memerankan Ko. Di kehidupan nyata mereka artis yang sangat angkuh dan high class.

Lewat film ini kita melihat betapa sulitnya mengatur aktor-aktor yang bermasalah. Sutradara dan para crew harus memutar otak, saat kendala datang bertubi-tubi. Tak hanya tertawa saja, kita pun mendapatkan bayangan bagaimana penggarapan sebuah film.

One Cut of the Dead merupakan film horor komedi yang jenius. Film yang mengejutkan lucunya, beda dari yang lain, dan penuh canda tawa. Berikan tepuk tangan kepada Shin’ichirô Ueda, para cast dan crew film ini.

One Cut of the Dead tayang di bioskop CGV Cinemas, Cinemaxx Theater dan Flix Cinema pada 28 November 2018.

Sumber : id.bookmyshow

Previous post Indosat Ooredoo Perluas Jaringan 4G ke Sumut
Next post ASUS ROG Terbaru Mendarat di Indonesia