2 July 2022

Review Film The Batman

KEDAINEWS.COM – Kota Gotham sebagai panggung dari seluruh kekacauan di film ini jelas memiliki peran terbesar. Apalagi kota Gotham di berbagai versi Batman memang terkenal sebagai kota biangnya berbagai kejahatan. Namun sebaiknya bersiaplah, karena kita akan diajak melihat sisi gelap dari kota Gotham secara lebih dekat dan lebih brutal lagi.

Hal ini sudah bisa terlihat ketika bagaimana film ini menampilkan kota Gotham secara lebih gamblang. Tidak ada lagi tedeng aling-aling tentang betapa rusaknya kota ini. Mulai dari pejabat yang korup, kriminalitas merajalela hingga betapa rusaknya seluruh sistem di kota Gotham. Semua ditampilkan dengan sangat dekat hingga ke setiap sudut kotanya terasa begitu nyata. Kondisi ini menciptakan atmosfir yang mencekik bagi penonton dan betapa sudah kacau balaunya kondisi kota Gotham. Sekaligus menyadarkan betapa harapan sudah lama meninggalkan kota ini.

Bagi yang mengharapkan film The Batman akan seperti kebanyakan film superhero yang dipenuhi aksi full CGI sepertinya akan kecewa. Karena ketimbang film bergenre superhero kebanyakan, sebenarnya film garapan Matt Reeves ini lebih cocok disebut film bergenre detektif atau misteri. Karena semenjak awal film, berbagai misteri sudah disebar begitu banyak. Terutama bagaimana villain utamanya yaitu Riddler meninggalkan berbagai petunjuk pada tiap korbannya dan memaksa Batman untuk bisa memecahkan teka-teki tersebut.

Tentunya ini jelas mengingatkan kembali pada format awal dari komik Batman, yang memang adalah sosok seorang detektif yang memecahkan berbagai kasus kriminal. Bukan hanya dengan mengandalkan otot semata tapi juga otaknya yang tidak kalah brilian. Meski begitu, aksi yang dimiliki pada film ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Adegan fighting yang intense, desingan peluru yang memompa jantung hingga berbagai ledakan yang memukau mata. Terutama adegan fighting finalnya yang seakan mempertegas bahwa Batman bukan hanya memiliki otak brilian tapi juga daya tempur yang bisa diandalkan.