14 June 2024

KEDAINEWS.COM – Sebelas peserta terpilih Ruang Kreatif Seni Pertunjukan 2021 telah kembali ke Indonesia untuk menampilkan hasil pelatihan mereka melalui Fragmen Musikal Nurbaya yang ditampilkan hari ini di Auditorium Galeri Indonesia Kaya.

Ruang Kreatif Seni Pertunjukan merupakan  program pelatihan bagi seniman muda maupun pecinta seni untuk mendapat pembekalan ilmu panggung dengan standar internasional dan membuka kesempatan bagi peserta terpilih untuk mendapatkan pelatihan singkat di luar negeri.

Fragmen Musikal Nurbaya ini berakar dari musikal orisinal yang dipersembahkan oleh www.indonesiakaya.com pada 2021 bertajuk Serial Musikal Nurbaya.

Produksi ini mengadaptasi cerita legendaris dari novel Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli dalam sebuah serial musikal yang menyuguhkan kombinasi dari keindahan visual, akting dan koreografi mumpuni, juga balutan komposisi musik yang ear catchy tanpa meninggalkan unsur kedaerahan masyarakat Minang.

Selama kurang lebih 60 menit, sebelas peserta terpilih Ruang Kreatif Seni Pertunjukan 2021 antara lain Ajeng Dwi Nur Apriliasih, Clarissa Theophiliam, Claudya Christina, Dianya Anindhya Nareswari, Grace Anastasia Tamangendar, Jane Callista Saweango, Jeanette Soegondo, Kamila Mardhiyyah, Kita Pritasari Arumdati, Mohammed Nabil Harmoun, dan Robertus Darren Radyan menghadirkan pertunjukan Serial Musikal Nurbaya yang ditampilkan secara singkat di atas panggung.

Dengan kemasan yang segar dan lebih menarik, dipadu dengan elemen cerita romansa, serta intrik-intrik yang dikemas secara modern dengan musik yang menarik.

“Mengikuti Program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan 2021 merupakan sebuah perjalanan yang sungguh mengesankan dan memperluas wawasan saya dalam dunia seni pertunjukan. Kesempatan ini tidak hanya membuka pintu bagi saya untuk bertemu dengan para pengajar yang profesional dan berpengalaman di bidang seni pertunjukan, tetapi juga memberikan pelatihan-pelatihan yang menarik dan bermanfaat. Dipercaya untuk menampilkan Serial Musikal Nurbaya yang sukses dan telah ditayangkan lebih dari 20 juta views di YouTube Indonesia Kaya menjadi tantangan tersendiri bagi saya. Namun, saya percaya bahwa setiap tantangan adalah kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Semoga, dengan segala pembelajaran dan pengalaman ini, saya dapat terus melangkah maju dan memberikan kontribusi positif dalam industri seni pertunjukan,” ujar Claudya Christina.

Sejak tahun 2015 Program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan hadir untuk memberikan pelatihan bagi seniman-seniman panggung di Tanah Air.

Kemudian di tahun 2019, Program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan melahirkan pelatihan untuk ranah teater musikal, dengan berbagai macam bentuk pelatihan yang terfokuskan pada pelatihan vokal, tari dan akting.

Pada masa pandemi di tahun 2021, para peserta Program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan dilakukan secara hybrid ini telah melalui proses seleksi ketat dan telah mendapatkan berbagai pelatihan dari para pelatih lokal yang berpengalaman di bidangnya, antara lain Venytha Yoshiantini dan Putri Indam Kamila selaku pengajar kelas akting, dan juga Dani Dumadi dan Andrea Miranda selaku pengajar kelas vokal, lalu ada juga Ufa Sofura, Pasha Prakasa, dan Ayu Gurnitha selaku pengajar kelas tari.

Dari 98 peserta yang mengikuti Ruang Kreatif Seni Pertunjukan 2021, terpilih sebelas peserta untuk mengikuti pelatihan teater musikal secara intensif dengan West End Stage di London, Inggris pada 16 – 21 Oktober 2023 yang lalu.

Dalam kesempatan ini, para peserta berkesempatan untuk dilatih secara langsung dengan para profesional industri panggung internasional. Melalui program ini, para peserta belajar melihat bagaimana seorang bintang West End yang sesungguhnya menjalani seluruh proses hingga bisa tampil di atas panggung.

Renitasari Adrian, Program Director Galeri Indonesia Kaya mengungkapkan, “Program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan merupakan salah satu program yang kami hadirkan untuk menambah wawasan dan keterampilan para seniman muda di Tanah Air. Keikutsertaan mereka dalam program ini bukan hanya kesempatan untuk mengasah keterampilan artistik mereka, sehingga mendorong pertumbuhan dan pengembangan seniman panggung dan memberikan kontribusi besar pada kemajuan industri seni pertunjukan di Indonesia. Setelah mendapat pelatihan selama satu tahun dan berkesempatan melihat langsung belakang layar industri musikal di West End, Inggris, sore ini sebelas peserta tampil di atas panggung setelah memperoleh ilmu-ilmu baru. Semoga penampilan para peserta dapat menghibur dan diterima dengan baik oleh para penikmat seni.”

Previous post Buka Toko Ke-67, Uniqlo Luncurkan RE.UNIQLO Studio Pertama di Indonesia
Next post UNIQLO Persembahkan ARIGATO INDONESIA Sebagai Apresiasi untuk Pelanggan Setia, Mulai 24 November