24 April 2024

Simak 5 Manfaat Jeruk Limau Untuk Kesehatan

KEDAINEWS.COM – Meski ukurannya kecil, manfaat jeruk limau untuk kesehatan sangatlah besar. Berbagai kandungan nutrisi di dalamnya diketahui baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Tak hanya itu, ada beragam manfaat lain dari jeruk limau yang juga perlu Anda ketahui.

 




 

Jeruk limau kerap digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai penambah rasa dalam masakan. Buah berwarna hijau dan memiliki rasa asam ini juga sering diolah menjadi minuman yang menyegarkan.

Tak hanya nikmat, jeruk limau juga memiliki manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan. Manfaat tersebut berasal dari beragam nutrisi penting yang terkandung di dalamnya, seperti karbohidrat, protein, dan serat.

Jeruk limau juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, folat, kalsium, kalium, dan kolin. Berbagai jenis antioksidan pun dapat ditemukan di dalamnya, seperti flavonoid dan polifenol.

Berkat kandungan nutrisi dan antioksidannya yang cukup tinggi, jeruk limau dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti:

1. Menjaga kesehatan jantung
Jeruk limau kaya akan magnesium dan kalium. Kedua mineral penting ini diketahui mampu menjaga denyut jantung tetap stabil dan menurunkan risiko terkena gangguan jantung.

2. Menurunkan berat badan
Salah satu manfaat jeruk limau yang paling dicari adalah menurunkan berat badan. Manfaat ini berasal dari kandungan asam sitrat di dalamnya yang bisa meningkatkan metabolisme dan membakar kalori lebih banyak di dalam tubuh.

3. Meningkatkan imunitas tubuh
Manfaat jeruk limau selanjutnya adalah meningkatkan imunitas tubuh. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya. Keduanya zat tersebut diketahui dapat mendukung fungsi sel imun, sehingga tubuh lebih kuat melawan berbagai kuman dan virus penyebab penyakit.

4. Mengurangi risiko terkena batu ginjal
Konsumsi jeruk limau secara rutin juga bisa menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal. Kandungan asam sitrat yang terkandung di dalam jeruk limau dapat mencegah pembentukan jenis batu ginjal kalsium fosfat.

5. Mengontrol tekanan darah
Kandungan kalium pada jeruk limau diketahui dapat mengontrol dan menurunkan tekanan darah dengan cara membuang kadar natrium atau garam berlebih dari dalam tubuh melalui urine.

Previous post Ivan Gunawan Pamerkan 12 Koleksi Terbaru
Next post Hendri Saputra Ngontrak Sana-sini hingga Sukses Berbisnis Properti