27 January 2023

Starbucks di Indonesia Membuka Gerai dengan Bahasa Isyarat

KEDAINEWS.COM – Starbucks di Indonesia akan membuka gerai dengan Bahasa Isyarat (Signing Store) pertamanya di Jakarta, Indonesia, sebuah gerai yang didedikasikan untuk komunitas Tuli, gangguan pendengaran, dan komunitas dengan Bahasa Isyarat pada tanggal 3 Desember.

Gerai ini dirancang dan berpusat pada inklusivitas dan aksesibilitas, sehingga pelanggan di Starbucks Community Store Tata Puri akan dilayani oleh barista Tuli dan barista dengan gangguan pendengaran lokal yang dengan bangga mengenakan apron hijau. Gerai ini terletak di Jl. Tanjung Karang No.3 Kebon Melati di Jakarta Pusat.

Starbucks Community Store Tata Puri menyediakan tempat ketiga di mana komunitas Tuli dan gangguan pendengaran dapat berkumpul, bersosialisasi, dan menjalin hubungan antar sesama. Barista Tuli akan mengenakan apron hijau dengan logo Starbucks yang dibordir dalam Bahasa Isyarat, semua partner (karyawan) yang dapat berbahasa isyarat akan memakai pin “I Sign”. Pelanggan yang baru tahu atau tidak terbiasa dengan Bahasa Isyarat bisa menggunakan sistem khusus untuk memesan minuman dan makanan menggunakan tablet tulis (writing tablet).

Gerai ini juga memiliki area komunitas untuk mendukung program Gerkatin (Gerakan untuk Kesejahteraan Tuli Indonesia) dan Pusbisindo (Pusat Bahasa Isyarat Indonesia) – dua organisasi yang telah berpartner dengan Starbucks Indonesia untuk meningkatkan sosialisasi penggunaan bahasa isyarat bagi teman-teman Tuli ke lingkup komunitas yang lebih luas. Untuk mendorong budaya hubungan antar sesama manusia melalui perayaan budaya Tuli dan Bahasa Isyarat, gerai ini juga akan menyelenggarakan kelas Bahasa Isyarat dan coffee workshop dalam Bahasa Isyarat.

Previous post Genjot Penjualan Motor Listrik Pemerintah Akan Subsidi Rp6,5 Juta
Next post Tips Pilih Ban Mobil untuk Kendaraanmu