2 March 2024

Tips Agar Cepat Hamil Meski Usia Lanjut

KEDAINEWS.COM – Ada berbagai tips agar cepat hamil yang bisa dicoba meskipun secara usia kamu sudah tidak muda lagi namun masih ingin memiliki momongan. Mulai dari rutin berhubungan seks, mencoba aneka gaya bercinta, menjaga asupan nutrisi, menghindari stres, sampai mengonsumsi asam folat.

Berikut cara agar bisa cepat hamil yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Rutin berhubungan seks
Rutin berhubungan seks dengan pasangan bisa meningkatkan peluang hamil. Sebab, melakukan hubungan seks secara rutin dapat membuat sel sperma bisa bersiaga untuk membuahi sel telur ketika berproduksi.

2. Seks di masa subur
Tips agar cepat hamil berikutnya adalah melakukan seks di masa subur. Studi menyebut seks di masa subur dapat meningkatkan peluang kehamilan sekitar 15-20 persen.

Masa subur adalah periode ketika sel telur matang, lepas, dan siap dibuahi. Biasanya, masa subur berlangsung sekitar 1-3 hari sebelum ovulasi. Untuk itu, penting agar Anda mengetahui cara menghitung masa subur.

3. Posisi seks
Selain rutin bercinta, Anda dan pasangan perlu menyesuaikan posisi seks yang memungkinkan sperma mudah menemui sel telur, seperti posisi misionaris dan doggy style.

Misionaris memudahkan sperma mengalir ke saluran tuba, sementara doggy style memungkinkan penis bisa penetrasi lebih dalam.

4. Jangan stres
Ilustrasi pasanganIlustrasi. Tips cepat hamil adalah dengan menghindari stres (Foto: iStock/vadimguzhva)
Pasangan suami-istri yang ingin segera memiliki buah hati sebaiknya jangan stres dan kelelahan.

Sebab, stres fisik maupun emosional dapat memengaruhi kualitas sel telur dan sperma. Untuk itu, kelola stres Anda dan istirahat yang cukup.

5. Jaga berat badan dan asupan nutrisi
Penelitian menyebut orang yang kelebihan berat badan umumnya butuh waktu lebih lama untuk bisa hamil ketimbang yang berberat badan ideal.

Begitu pula dengan orang yang berat badannya kurang di bawah normal. Kekurangan berat badan juga berpengaruh pada kesuburan pria maupun wanita, sehingga dapat menurunkan peluang kehamilan.

Untuk memenuhi nutrisi agar berat badan ideal, Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi protein dan rendah lemak. Sebab, makanan tersebut memengaruhi kualitas sel telur dan sperma.

6. Konsumsi asam folat
Mengonsumsi asam folat baik untuk meningkatkan kesuburan, baik pada wanita maupun pria.

Wanita yang mengonsumsi banyak asam folat lebih mungkin untuk berovulasi atau menghasilkan telur. Sementara pada pria, asupan asam folat yang cukup dapat meningkatkan jumlah sperma.

Selain berguna untuk kesuburan, kandungan asam folat nantinya akan bermanfaat untuk mencegah cacat saraf pada bayi selama di kandungan.

Asam folat ini tak hanya pada suplemen multivitamin, tapi juga makanan seperti telur, sayuran berdaun hijau, kacang hijau, alpukat, dan sebagainya.

Previous post LANGKAH Spring Summer Collection 2023 Buah Karya 25 Tahun Perjalanan Denny Wirawan
Next post Mengenal Tokopedia Marketing Solutions, Solusi Pemasaran Menyeluruh Bagi Pelaku Bisnis di Indonesia