2 July 2022

Tips Mengelola THR 2022

KEDAINEWS.COM – Kabar baik lebaran tahun 2022 ini Pemerintah memperbolehkan mudik dengan beberapa ketentuan. Lebaran juga identik dengan Tunjangan Hari Raya atau THR. Agar THR nggak numpang lewat maka butuh mengelola THR dengan benar. Hal ini penting dilakukan agar uang THR tidak habis begitu saja. Penting juga untuk membuat THR benar-benar bisa bermanfaat dengan optimal. Berikut tips membelanjakan uang THR berdasarkan skala prioritas.

1. Penuhi Kebutuhan Orang-orang yang Jadi Tanggungan Kamu
Jika kamu memiliki tanggungan seperti anak, istri atau orang tua, maka penuhilah dulu kebutuhan mereka. Selain itu bila kamu memiliki tanggungan lain di luar keluarga, orang-orang yang bekerja untuk kamu seperti asisten rumah tangga, sopir, atau pegawai maka bayar upah mereka terlebih dahulu dan jangan lupa mereka pun harus mendapatkan THR pula.

2. Lunasi Utang
Gunakan uang THR untuk melunasi utang dan tunggakan yang ada. Sebab utang ini akan selalu menjadi beban kamu kapan pun. Perayaan Idul Fitrimu akan semakin tenang bila tidak ada beban pikiran utang dalam jangka pendek. Sehingga jika kamu memiliki cicilan kendaraan atau KPR tak akan mengganggu uang THR-mu. Itu semua bisa dibayarkan dari pendapatanmu reguler setiap bulannya.

3. Belanja Cerdas
Untuk membeli kebutuhan lebaran, gunakan prinsip belanja cerdas. Perhatikan apakah barang yang dibeli merupakan kebutuhan atau keinginan. Kalau bisa manfaatkan diskon atau promosi yang ada. Tapi, meski ada promosi atau diskon, jangan sampai kalap karena diskon. Beli barang secukupnya sesuai kebutuhan. Usahakan catat apa saja kebutuhan lebaran, jangan sampai membeli barang di luar kebutuhanmu, atau ada ambisi untuk memilikinya.

4. Alokasikan Dana untuk Kebutuhan Lebaran
Jangan gunakan uang THR-mu untuk membeli semua barang yang kamu inginkan. Alokasikan budget untuk kebutuhan lebaran. Setelah mencatat semua daftar belanjaan, kamu bisa atur budget untuk membeli semua kebutuhan itu. Misalnya kalian mengalokasikan uang Rp 2 juta. Maka sebisa mungkin tidak melebihi batas tersebut.

5. Beli Barang Sesuai Kemampuan
Belilah barang sesuai kemampuan dan uang yang kalian miliki. Jangan sampai karena gengsi atau nafsu membeli barang tidak penting dan bahkan sampai berhutang. Itu akan merugikan kalian sendiri.