2 July 2022

Tips Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

KEDAINEWS.COM – Daya tahan tubuh masih menjadi prioritas utama di tahun baru 2022. Setelah kemunculan Covid-19 varian Omicron, baru-baru ini Israel menemukan kasus baru di mana seseorang terinfeksi flu dan virus corona (Covid-19) sekaligus atau disebut flurona.

Agar terhindar dari penularan sejumlah penyakit, menjaga kondisi sekaligus daya tahan tubuh merupakan salah satu cara terbaik.

Berikut cara meningkatkan daya tahan tubuh, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Aktivitas fisik

Olahraga kecil atau beraktivitas fisik untuk kebugaran memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh. Studi menunjukkan, individu yang bugar dan rajin berolahraga memiliki risiko terkena infeksi yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak berolahraga.
Aktivitas fisik juga membuang bakteri di paru-paru, sehingga mengurangi risiko terkena flu, demam, batuk, dan pilek.

2. Berjemur

Kecukupan vitamin D begitu penting untuk menunjang sistem imun. Vitamin D bisa diperoleh dari asupan makanan seperti produk susu, jus, sereal, ikan-ikan berlemak termasuk ikan kembung, juga jamur.

“Vitamin D, meski ditambahkan pada susu, penting untuk imunitas, tapi kebanyakan dari kita tidak mendapatkannya cukup dari makanan sehari-hari,” kata Patrick Kachur, profesor kesehatan keluarga dan masyarakat di Columbia University Medical Center.

Dia pun menyarankan untuk memaksimalkan kecukupan vitamin D dengan berjemur. Anda bisa berjemur setidaknya selama 30 menit di halaman atau balkon rumah.

3. Penuhi asupan cairan

Dua per tiga tubuh terdiri dari cairan sehingga penting untuk memastikan kebutuhan cairan agar fungsi tubuh berjalan normal termasuk respons imun. Menurut Mind Body Green, air juga berfungsi untuk membuang racun dari tubuh, memberikan pasokan oksigen ke sel.

Agar manfaatnya terhadap daya tahan tubuh makin besar, padukan air dengan lemon, kiwi atau jeruk Bali. Infused water Anda bakal kaya vitamin C yang baik untuk bantu meningkatkan daya tahan tubuh.