kedaiBISNIS

Ketahui 4 Pinjaman Dana Tunai

KEDAINEWS.COM – Pinjaman dana tunai adalah pinjaman yang diberikan dalam bentuk tunai berupa uang untuk berbagai keperluan, dengan maupun tanpa jaminan.

Dananya tidak diberikan berbentuk asset bergerak, seperti kendaraan bermotor, rumah, atau apartemen.

Inilah yang menjadi alasan utama kenapa pinjaman dana tunai sangat digemari karena dananya bisa langsung Anda pergunakan setelah cair ke rekening tabungan.

Pinjaman dana tunai memiliki beragam jenis yang perlu Anda ketahui

1.Kredit Multiguna
Kredit multiguna merupakan pinjaman dana tunai yang diberikan setelah Anda mengagunkan aset berharga, seperti sertifikat tanah, BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor), dan lain sebagainya.

Untuk nominal plafon pinjaman yang bisa didapatkan berkisar hingga 80 persen dari nilai jual aset.

2. Kredit Tanpa Agunan

Jenis kredit ini kebalikannya dari kredit multiguna karena tidak mengharuskan Anda untuk memberikan agunan atau jaminan kepada pihak penyedia.

Inilah alasan kenapa kredit tanpa agunan prosesnya jauh lebih cepat dibanding kredit multiguna karena tidak adanya proses penaksiran aset yang membutuhkan waktu cukup lama.

Jumlah dana yang bisa dipinjam sangat beragam tergantung dari kebijakan masing-masing bank penyedia pinjaman kredit tanpa agunan.

Tapi rata-rata bisa memberikan pinjaman minimal Rp 5 juta hingga ratusan juta rupiah dengan jangka waktu pinjaman maksimal 60 bulan (5 tahun).

3. Pinjaman dana tunai untuk usaha
Selanjutnya ada pinjaman dana tunai yang dikhususkan untuk modal usaha bagi para pengusaha mikro, kecil, dan menengah.

Jenis pinjaman ini dinamakan dengan kredit usaha rakyat (KUR). Jumlah pinjaman yang diberikan tergantung dari jenis kredit usaha rakyat yang dipilih.

4. Pinjaman dana tunai online dari fintech

Pinjaman dana tunai online fintech P2P lending ini memiliki keunggulan utama prosesnya yang sangat mudah dan dana bisa cepat cair dalam satu hari kerja.

Tapi kekurangannya, jumlah maksimum plafon pinjaman yang diberikan tergolong lebih kecil karena rata-rata hanya bisa memberikan pinjaman hingga Rp 20 juta sampai Rp 30 juta saja.

Yuk Bagikan Artikel Ini :

BACA ARTIKEL LAINNYA