KEDAINEWS.COM – Siapa sih yang nggak sebal jika rambut masih sering berminyak meski sudah rutin keramas? Selain menimbulkan rasa kurang nyaman, rambut berminyak juga dapat membuat penampilan tampak tidak menarik karena terlihat lepek, Parahnya lagi, masalah ini juga dapat mengakibatkan munculnya ketombe serta munculnya jerawat di wajah.

Biasanya, orang yang memiliki permasalahan rambut berminyak akan mencuci rambut setiap hari. Padahal, mencuci rambut setiap hari sangat buruk bagi kulit kepala dan rambut karena minyak alami akan hilang, dan merangsang kulit kepala untuk mengeluarkan lebih banyak minyak.

Untuk mengatasi permasalahan ini kamu bisa mengandalkan produk hair care. Namun sebelum mencari produk perawatan yang tepat, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa faktor yang menyebabkan rambut mudah berminyak pada artikel berikut.

Rambut lurus

Rambut yang lurus membuat sebum lebih mudah menyebar dari akar hingga ujung rambut. Sehingga rambut yang lurus akan berminyak lebih cepat dan perlu lebih banyak dicuci. Kebanyakan orang yang berambut ikal akan berminyak di bagian akar rambut. Karena terkstur ikalnya mencegah sebum menyebar. Namun, ini bisa menyebabkan ujung rambut menjadi terlalu kering.

Kekurangan Vitamin B

Vitamin B berperan untuk melancarkan produksi minyak, menjaga kelembapan, serta kesehatan rambut. Oleh karenanya, kekurangan vitamin B dapat berakibat menumpuknya produksi minyak pada kulit, termasuk kulit kepala. Untuk menghindari masalah ini, pastikan kamu mengonsumsi vitamin B dalam jumlah yang cukup, ya. Nah, dari sekian banyak jenis vitamin B yang ada, cobalah untuk mengonsumsi vitamin B2 (riboflavin) dan vitamin B6 (pyridoxine) yang dapat membantu melawan rambut berminyak dengan mengontrol produksi sebum.

Kelembapan

Kadar kelembapan di udara memiliki peranan besar untuk membuat rambut berminyak. Udara yang terlalu lembap akan membuat kulit kepala menjadi berminyak.

Terlalu Banyak Menggunakan Kondisioner

Kondisioner memiliki fungsi untuk melembapkan rambut. Namun, jika kamu memakainya dalam jumlah berlebihan dan cara yang kurang tepat, jangan heran jika produk ini hanya akan menyebabkan rambut tampak lepek dan berminyak. Mengaplikasikan kondisioner pada bagian kulit kepala atau akar rambut bukanlah cara yang tepat. Sebenarnya, akar rambut secara alami sudah lembap, sehingga jika kamu menggunakan kondisioner di bagian tersebut, hasilnya malah hanya akan membuat rambut kehilangan volumenya dan mudah berminyak. Oleh karenanya, aplikasikan kondisioner secukupnya pada bagian tengah hingga ujung rambut saja.

Faktor genetik

Yang terakhir jika orangtua kamu memiliki rambut yang berminyak, secara otomatis kamu pun akan memiliki rambut berminyak.

Previous post Sate Klatak di Jogja Bikin Nagih!
Next post Manfaat Kuaci untuk Kesehatan