KEDAINEWS.COM – Danau Ranau merupakan salah satu danau terbesar kedua di Pulau Sumatera yang terletak di Desa Lumbok, Kecamatan Lumbok Seminung atau sekitar 31 km dari Kota Liwa Ibukota Kabupaten Lampung Barat.

Spot rekreasi tersebut hampir selalu ramai turis dengan angka kunjungan yang selalu meningkat setiap tahunnya. Banyaknya wisatawan di Danau Ranau juga diakibatkan oleh adanya spot-spot wisata yang mulai berkembang di sekitarnya. Bagi Anda yang penasaran dengan apa saja objek wisata di Danau Ranau, Anda bisa melihat ulasan berikut.

Travel Hot Water (Air Panas Danau Ranau)

Air Panas Danau Ranau, atau yang biasa dikenal dengan nama Travel Hot Water, terletak di Kaki Gunung Seminung dan di sebelah selatan Dermaga Muara Baru.

Anda hanya perlu naik kapal selama 10 hingga 30 menit untuk sampai di lokasi dari pintu masuk Danau Ranau. Lamanya perjalanan biasanya tergantung pada kecepatan perahu yang Anda gunakan. Jika Anda memakai sampan tradisional, maka perjalanan akan lebih lambat dan lama.

Tempat rekreasi tersebut terbilang cukup unik, karena air panas yang ada di Travel Hot Water bersumber dari gunung ke danau dan mengandung asam sulfur atau belerang. Konon, dengan berendam di pemandian Air Panas Danau Ranau, gangguan dan penyakit kulit bisa sembuh dan hilang.

Air Terjun Subik Tuha

Air Terjun Subik Tuha adalah salah satu air terjun di kawasan Ogan Komering Oku yang paling dekat dengan Danau Ranau.

Lokasinya bisa dijangkau dengan melewati jalan sepanjang pinggiran danau atau melewati lintasan Banding Agung atau Jalan Pusri. Selain itu, Anda juga bisa menuju air terjun dari Dermaga Muara Dua dengan waktu tempuh selama 2 jam.

Air terjun tersebut, selain dikelilingi oleh hutan kecil, juga tak jauh dari area persawahan, sehingga pemandangan di sekitarnya terbilang asri dengan udara yang sejuk. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 m dengan lebar 3 m dan berada di ketinggian 560 mdpl.

Pantai Pelangi

Salah satu spot wisata yang terbilang baru dan menjadi favorit banyak pelancong adalah Pantai Pelangi.

Tidak seperti pantai pada umumnya, ini adalah area berpasir yang memiliki panjang sekitar 1 km di pinggir Danau Ranau sehingga mirip dengan sebuah pantai di lautan. Spot ini cocok sebagai tempat untuk melihat keindahan Danau Ranau di sore hari.

Sesebik Hill

Sesebik Hill merupakan area perbukitan yang dikenal sebagai tempat bersantai di dekat Danau Ranau. Dari bukit tersebut, Anda bisa melihat pemandangan Danau Ranau yang masih asri.

Selain itu, dengan memilih spot yang tepat untuk bersantai, Anda juga bisa melihat view Gunung Seminung yang cantik.

Previous post 5 Cara Ampuh Berhenti Merokok
Next post Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Donat