Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tengah menguji Mitsubishi Triton baru di wilayah Kalimantan Timur sebelum peluncuran resminya di Indonesia. Pengujian ini diungkapkan oleh Irwan Kuncoro, Director of Sales and Marketing Division PT MMKSI, pada Selasa (28/5/2024).

Irwan Kuncoro menjelaskan bahwa Kalimantan Timur dipilih sebagai lokasi uji coba karena kondisi geografisnya yang ideal untuk menguji ketangguhan Mitsubishi Triton. Selain itu, Kalimantan Timur juga merupakan wilayah terbesar kedua penjualan Mitsubishi Triton setelah Sumatera.

“Kita baru mulai tes Triton baru di beberapa lokasi pertambangan. Kalau mau tanya hasilnya karena kita baru mulai jadi belum bisa diumumkan. Intinya kita sangat percaya diri karena produknya cukup bagus,” jelas Irwan Kuncoro.

Mitsubishi Triton memang menguasai pasar otomotif di Kalimantan Timur dengan pangsa pasar lebih dari 50 persen. Menurut Heru Siswantoro, Head of Kalimantan, Sulawesi, IBT section PT MMKSI, Kalimantan Timur merupakan salah satu pasar terbesar untuk Mitsubishi di Indonesia. “Kalimantan Timur secara market yang paling besar. Terbukti Pajero Sport kita di market share sampai 51 persen dan Triton dimana memang market terbesar MMKSI secara nasional selain Sumatera adalah Kalimantan Timur,” ucap Heru.

Tingginya angka penjualan Triton di Kalimantan Timur sebagian besar disumbangkan oleh segmen fleet (pembelian borongan) dari perusahaan tambang dan perkebunan. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Mitsubishi bahkan menerapkan strategi jemput bola, dengan melayani servis rutin langsung di lokasi tambang atau perkebunan.

Selain Mitsubishi Triton, model lainnya seperti Mitsubishi Xpander juga memiliki pangsa pasar yang signifikan di Kalimantan Timur, dengan kontribusi sebesar 26 persen. Sementara itu, SUV pendatang baru Mitsubishi XForce ditargetkan mencapai penjualan nasional sebesar 15 persen pada tahun 2024.

“Untuk XForce kita target nasional 15 persen, kita akan coba di 2024 ini. Itu kontribusi yang coba kita targetkan,” kata Heru.

Dengan pengujian di Kalimantan Timur, Mitsubishi berharap dapat memastikan bahwa Triton baru siap menghadapi berbagai tantangan di lapangan, sekaligus memperkuat posisinya di pasar otomotif nasional. Keberhasilan pengujian ini diharapkan akan semakin mendongkrak popularitas dan penjualan Mitsubishi Triton di seluruh Indonesia.

Previous post SpaceX Luncurkan 23 Satelit Starlink, Perkuat Jaringan Internet Global
Next post “The Last Breath” (2024): Film Horor Thriller Bawah Laut yang Memikat