KEDAINEWS.COM – Mobil yang menggunakan sistem penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD) semakin digemari untuk berkendara di dalam kota dan perjalanan keluar kota.

 

Mobil yang menggunakan sistem penggerak roda depan akan menyalurkan tenaga dari mesin ke roda depan. Saat ini mulai banyak mobil yang menggunakan penggerak roda depan, seperti Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Honda CR-V, dan Mazda CX-5.

 

Lalu, apa keunggulan mobil berpenggerak roda depan?

 

Sistem ini memiliki keunggulan terbesar dalam hal efisiensi karena posisi mesin, girboks, dan as roda searah dan semuanya berada di depan. Respons mesin tersalurkan dengan lebih optimal dan membuat konsumsi bensin lebih irit lantaran tenaga tidak banyak tereduksi mengingat komponen penggerak lebih sedikit.

 

 

Karena konstruksinya lebih ringkas dan kompak, maka bobot keseluruhan mesin hingga as roda dapat dipangkas supaya lebih ringan. Selain itu, posisi mesin pada penggerak roda depan umumnya melintang (transverse) yang memberi dampak ruang mesin dapat didesain lebih leluasa guna membuat kabin lebih lega.

 

Dengan dimensi yang sama dengan mobil berpenggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD), kabin mobil FWD akan lebih luas dan nyaman. Ketiadaan poros penerus tenaga ke as roda belakang atau kerap disebut as kopel membuat lantai kabin bisa dibuat rata dan lebih senyap karena minim vibrasi.

 

Selain itu, respons mesin pada sistem penggerak FWD juga menjadi lebih baik karena tenaga mesin tidak perlu melewati banyak komponen untuk sampai ke kedua roda depan.

Previous post Aset disimpan Dirumah Mertua, KPK Tetapkan Kepala Bea Cukai Tersangka
Next post Rey Insurtech Kolaborasi dengan SATURDAYS