KEDAINEWS.COM – Rambut rontok bisa terjadi pada pria dan wanita, tua maupun muda. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari faktor genetik hingga penyakit tertentu, seperti kurang gizi (malnutrisi), alopecia, infeksi jamur di kulit kepala, gangguan tiroid, dan gangguan hormon lainnya.

Selain itu, kesalahan dalam merawat atau menata rambut, menopause, kehamilan, dan efek samping obat-obatan tertentu, seperti kemoterapi dan pil KB, juga bisa menyebabkan rambut rontok.

Karena penyebabnya bisa bermacam-macam, penanganan dan perawatan rambut rontok perlu disesuaikan dengan kondisi yang menyebabkannya. Perawatan tersebut bisa dengan cara alami maupun dengan obat-obatan dari dokter.

Perawatan Rambut Rontok dengan Cara Alami
Untuk merawat dan mengatasi rambut rontok secara alami, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

1. Mengonsumsi makanan bergizi
Kekurangan nutrisi bisa menyebabkan rambut rapuh dan mudah rontok. Agar bisa tumbuh kuat dan indah, rambut memerlukan berbagai nutrisi, terutama protein, zat besi, zinc, asam folat, vitamin A, vitamin D, vitamin E, biotin, dan antioksidan.

2. Merawat rambut dengan benar dan lembut
Cara menata rambut yang tidak tepat juga sering kali bisa menyebabkan rambut mudah rusak, patah, dan rontok. Misalnya, mengikat rambut terlalu kencang, sering mencatok, menggunakan pengering rambut (hair dryer) terlalu panas, meluruskan rambut (hair rebonding), mengeriting, atau mewarnai rambut dengan bahan kimia.

3. Mengelola stres
Stres merupakan salah satu faktor risiko terjadinya rambut rontok. Saat Anda mengalami stres berat, produksi hormon-hormon di dalam tubuh Anda akan mengalami gangguan sehingga memicu kerontokan rambut. Oleh karena itu, cobalah kurangi stres agar rambut Anda tidak semakin rontok.

Previous post Ruangan Tetap Sejuk Saat Musim Panas
Next post Perpaduan Sastra dan Keroncong di Panggung Taman Indonesia Kaya, Warnai Akhir Pekan Masyarakat Kota Semarang