KEDAINEWS.COM – Sebanyak 40 bhikkhu telah tiba di Candi Borobudur setelah menempuh perjalanan spiritual yang dikenal sebagai Thudong. Perjalanan ini dimulai dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur dan berakhir di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, sebagai bagian dari perayaan Tri Suci Waisak 2568 BE​.

Thudong adalah ritual berjalan kaki yang dilakukan oleh para bhikkhu untuk menempuh ribuan kilometer sebagai bentuk meditasi dan penebusan dosa. Bhikkhu yang berpartisipasi dalam perjalanan ini berasal dari berbagai negara, termasuk Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Singapura. Mereka memulai perjalanan dari Jakarta pada 14 Mei 2024 dan diperkirakan tiba di Candi Borobudur pada 20 Mei 2024​.

Puncak perayaan Waisak 2024 akan berlangsung pada 23-24 Mei di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Rangkaian acara akan dimulai dengan prosesi Kirab Waisak, yang melibatkan perjalanan dari Candi Mendut ke Candi Borobudur. Kirab ini merupakan salah satu kegiatan utama dalam perayaan Waisak, di mana umat Buddha dan bhikkhu akan melakukan perjalanan sambil membawa relik suci Buddha.

Selain prosesi Kirab Waisak, acara puncak juga akan mencakup berbagai ritual penting, seperti peringatan detik-detik Waisak, pradaksina (berjalan mengelilingi candi searah jarum jam sebagai bentuk penghormatan), dan pelepasan lampion yang melambangkan harapan dan doa untuk perdamaian.

Perayaan Waisak di Candi Borobudur tidak hanya dihadiri oleh umat Buddha dari Indonesia, tetapi juga dari berbagai negara, menjadikannya acara internasional yang penting dalam kalender keagamaan dan budaya di Indonesia.!

 

Previous post Ninja Xpress Perkuat UKM dengan Strategi Affiliate Marketing
Next post The All-New Citroën C3 Aircross SUV Hadir Secara Resmi di Palembang: Tawarkan Kapasitas 7 Penumpang dengan Kenyamanan Terbaik di Kelasnya