Tragis! Kebakaran Rumah Wartawan Tribrata TV di Sumatra Utara, Dewan Pers Bentuk Tim Investigasi Bersama

KEDAINEWS.COM – Dewan Pers akan membentuk tim investigasi bersama yang melibatkan aparat keamanan dan Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) terkait kasus tragis kebakaran yang menimpa rumah wartawan Tribrata TV, Sempurna Pasaribu, di Kabanjahe, Sumatra Utara. Kejadian ini telah menewaskan empat orang, termasuk Sempurna Pasaribu, istri, anak, dan cucunya.

Ketua Dewan Pers, Dr. Ninik Rahayu, SH, MS, menyatakan komitmennya untuk memastikan penyelidikan yang adil dan imparsial dari pihak kepolisian dan TNI, serta melibatkan Komnas HAM dan LPSK untuk perlindungan keluarga korban. Dewan Pers menegaskan bahwa kekerasan terhadap wartawan adalah pelanggaran hukum yang tidak dapat dibenarkan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Tim investigasi yang terdiri dari KKJ Sumut, termasuk Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan, Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) Sumut, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, dan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI), telah melakukan verifikasi terhadap kasus ini. Hasil investigasi menunjukkan adanya dugaan keterlibatan oknum TNI terkait dengan pemberitaan perjudian yang dilakukan korban sebelum kebakaran terjadi.

Dewan Pers mengimbau agar wartawan dan media menjalankan tugas jurnalistiknya dengan profesionalisme sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik (KEJ), dengan harapan kejadian serupa tidak terulang di masa mendatang.

Previous post Batam: Pesona Pulau Galang, Kelezatan Mie Tarempa, dan Pantai Nongsa yang Menakjubkan
Next post TikTok Tanpa Koneksi Internet, Hemat Kuota!