KEDAINEWS.COM – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, mengungkapkan keheranannya karena ada oknum pejabat eselon I di Bappenas yang masih menerima bantuan sosial (bansos) dari pemerintah. Meskipun Suharso tidak menyebutkan siapa pejabat tersebut, dia menegaskan bahwa dana bansos itu telah disalurkan kepada pihak yang lebih membutuhkan.

Suharso menyampaikan hal ini dalam acara “Peluncuran Kolaborasi Pemanfaatan Sistem Data Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek)” di Kementerian Keuangan pada Kamis, 20 Juni 2024. Dalam acara tersebut, dia menyoroti keanehan oknum pejabat tinggi yang seharusnya tidak layak menerima bansos. “Eselon I di Bappenas bisa menerima bansos, kan aneh. Pak sekjen Kemenkeu tertawa kan. Kemarin saya tanya, dia masih menerima dan memberikan kepada yang lebih berhak,” kata Suharso.

Menanggapi kejadian ini, Suharso memaparkan pentingnya program Data Regsosek sebagai solusi untuk mengatasi masalah bansos yang tidak tepat sasaran. Program ini bertujuan membantu pemerintahan menemukan strategi yang lebih baik dalam perencanaan pembangunan nasional.

“Data Regsosek memiliki visi untuk penyebarluasan dan pemanfaatan data secara menyeluruh kepada kementerian, lembaga, daerah, serta para pemangku kepentingan. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan Satu Data Menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Suharso.

Program Regsosek diharapkan dapat mendukung pembangunan nasional yang lebih efektif dan efisien dengan memastikan bantuan sosial disalurkan tepat kepada mereka yang benar-benar membutuhkan. Inisiatif ini juga diharapkan dapat mencegah terulangnya permasalahan serupa di masa depan.

Dengan adanya Regsosek, pemerintah optimis bisa mewujudkan pembangunan yang lebih terarah dan merata, serta mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045.

Previous post Tarutung: 5 Destinasi Wisata Terbaik yang Wajib Dikunjungi!
Next post Ferrari Siap Rilis Mobil Listrik Mewah, Harga Capai Rp 9 Miliar