KEDAINEWS.COM – Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono, resmi mengundurkan diri dari jabatannya hanya dua bulan sebelum rencana Presiden Jokowi mengadakan upacara peringatan HUT RI ke-79 di IKN. Pengumuman ini disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, di Kantor Presiden pada Senin (3/6).

“Pak Presiden telah menerima surat pengunduran diri dari Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala OIKN,” ujar Pratikno. Tidak hanya Bambang, Wakil Kepala OIKN, Dhony Rahajoe, juga mengundurkan diri. Dhony bahkan lebih dulu menyampaikan pengunduran dirinya sebelum Bambang.

Pratikno menambahkan bahwa Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pemberhentian dengan hormat untuk Bambang dan Dhony telah diterbitkan. Sebagai langkah cepat, Presiden Jokowi menunjuk Basuki Hadimoeljono sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita IKN dan Raja Juli Antoni sebagai wakilnya. Saat ini, Basuki menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, sedangkan Raja Juli Antoni adalah Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Pengunduran diri Bambang ini jelas memicu banyak spekulasi dan komentar dikalangan netizen. Ada yang mengapresi positif tapi ada juga yang masih butuh alasan mengapa Bambang mundur dari IKN.

Bambang Susantono dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Maret 2022 sebagai Kepala OIKN, setelah berhasil mengalahkan sejumlah kandidat terkenal seperti Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Bambang Brodjonegoro, Tumiyono, Azwar Anas, dan Ridwan Kamil. Sebelum menjabat sebagai Kepala OIKN, Bambang sudah dikenal dalam pemerintahan sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Previous post Peringatan BMKG: Potensi Hujan Deras di Berbagai Kota Besar
Next post Geger, Mahasiswa Telkom University Gantung Diri di Kontrakan